Dishub tertibkan terminal bayangan di Baturaja

id terminal, terminal bayangan

Dishub tertibkan terminal bayangan di Baturaja

Dishub OKU tertibkan terminal bayangan di Kota Baturaja (Foto: antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja  (Antarasumsel.com) - Selain persoalan parkir di tepian jalan umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan berupaya melakukan pembenahan dan penertiban maraknya terminal bayangan yang ada di beberapa lokasi di seputaran Pasar Baru dan lokasi lainnya di Baturaja.

Kepala Dishub Ogan Komering Ulu (OKU), Aminilson, di Baturaja, Selasa mengatakan, persoalan terminal bayangan memang masih menjadi pekerjaan rumah bagi dinas tipe C yang dipimpinnya.

Untuk membenahi persoalan ini, ia telah mengundang para pemilik angkutan umum baik angkutan pedesaan maupun angkutan umum lainnya untuk duduk bersama guna mencari solusi agar persoalan trayek bayangan dapat tertib.

"Kami sudah memanggil para pemilik angkutan tersebut dan akhirnya kita sepakati, jika keberadaan terminal bayangan untuk wilayah Pasar Baru dipusatkan di belakang Kantor Perizinan. Ini untuk angkutan umum yang arah Lubuk Batang, Ulu Ogan, Martapura serta Batumarta. Ketentuan ini akan mulai diberlakukan pada Rabu (17/1). Dan mereka sudah sepakat, sementara untuk titik lainnya tidak kita perbolehkan lagi," tegas Aminilson.

Menurut dia, jika masih ada pemilik angkutan yang berani mangkal di lokasi lainnya, sesuai kesepakatan maka akan segera ditertibkan, karena sudah menyalahi kesepakatan.

Selama ini, kata dia, beberapa titik terminal bayangan tersebut kerap dijadikan lokasi seperti depan  dan samping Kantor Perizinan, serta beberapa lokasi lainnya.

Sementara, untuk beberapa titik terminal bayangan lainnya seperti di Pasar Atas, Simpang Sukajadi, nantinya juga akan dicarikan solusi terbaik titik mana yang tepat untuk dijadikan lokasi terminal bayangan tersebut.