Koperasi dan UKM dongkrak perekonomian warga desa

id pali, kabupaten pali

Koperasi dan UKM dongkrak perekonomian warga desa

Logo Pemkab Penukal Abab Lematang Ilir (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Penukal Abab,  (Antarasumsel.com) - Pelatihan Koperasi dan Kewirausahaan bagi pelaku Usaha Kecil Menegah dapat meningkatkan perekonomian warga desa, sekaligus  memberdayakan masyarakat untuk kreatif berwirausaha.

"Seluruh pelaku usaha kecil menegah dan koperasi, jangan hanya terfokus pada satu bidang usaha, tetapi harus memiliki usaha lainnya,"kata Ketua Pelaksanaan Pelatihan, Noer Nadia di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Selasa.

Menurut dia, tujuan pelatihan Perkoperasian dan Kewirausahaan bagi pelaku Usaha Kecil Menegah untuk menggali potensi desa, dan memberdayakan masyarakat.

Dengan bertambahnya usaha dan penghasilan, tentunya dapat meninggkatkan sumber daya manusia masyarakat desa di Kabupaten PALI.

Peran masyarakat dan pemerintah menggali potensi desa menjadi tanggung jawab bersama.

Ditambahkan anggota Koperasi Jaza Pindo Kecamatan Penukal, Nurul F bahwa Perkoperasian dan Kewirausahaan bagi pelaku Usaha Kecil Menegah dapat mengembangkan pemikiran anggota dan pelaku UKM meningkatkan potensi desa kepada masyarakat.

Salah satunya program  bazar murah untuk mengenalkan produk produk khas desa kepada masyarakat. Begitu juga dengan keberadaan Pandu Tani bisa memotivasi mendongkrak potensi daerah khususnya di pedesaan, katanya.