Gubernur: OKU Timur penghasil beras terbesar di Sumsel

id gubernur, alex noerdin

Gubernur: OKU Timur penghasil beras terbesar di Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengakui, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sebagai daerah penghasil beras terbesar di provinsi tersebut karena pertaniannya cukup berhasil.

Kabupaten pengembangan OKU itu setiap tahun memproduksi beras rata -rata 500 ton pertahun, kata gubernur saat menghadiri HUT ke-13 kabupaten tersebut di Martapura, Selasa.

Memang, kabupaten tersebut mempunyai bendungan terbesar di Sumsel untuk mengairi persawahan di daerah tersebut.

Oleh karena itu wajar bila daerah tersebut penghasil beras yang menjadi penyumbang tersebar di Sumsel, kata dia.

Bahkan, lanjut gubernur, bukan itu saja tetapi juga kabupaten tersebut telah mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut, Adipura emam kali, Indeks Pembangunan Manusia dari peringkat 11 menjadi nomor lima.

Begitu juga pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8 persen melebih rata -rata nasional, ujar gubernur.

Dia mengatakan, sebenarnya kabupaten tersebut masih mudah, namun keberhasilannya cukup membanggakan.

Keberhasilan tersebut berkat kerja keras seluruh instansi pemerintahan dan masyarakat yang ada di kabupaten tersebut, kata dia.

Dalam kesempatan itu gubernur juga mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk memacu diri supaya daerahnya semakin maju dan sejahtera.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi mengatakan, acara ulang tahun ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi diri supaya daerah semakin maju.

Oleh karena itu mari bersama-sama kerja nyata dan membangun sikap toleransi dalam memajukan daerah, kata dia.

Dalam acara tersebut juga hadir diantaranya Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda, Bupati Lahat Aswari Rivai dan Bupati Penungkal Abab Lematang Ilir Heri Amalindo.