Lansia bayar biaya berobat dengan sampah

id lansia, berobat, dibayar sampah, sampah

Lansia bayar biaya berobat dengan sampah

Posyandu di Jalan Demak Kertapati Palembang menerapkan sistem biaya berobat Lansia dengan sekantong sampah (Antarasumsel.com/17/Evan Ervani)

....Setiap Lansia yang datang membawa sekantong sampah dari rumahnya sebagai iuran atau biaya memeriksakan kesehatan....
Palembang,  (Antarasumsel.com) - Warga lanjut usia membayar iuran di Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Junjung Biru di kawasan Jalan Demak Kertapati Palembang Sumatera Selatan dengan sampah untuk biaya berobat atau memeriksakan kesehatan.

Pantauan Antarasumsel.com, Rabu, ada suasana yang berbeda di Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) itu, dimana setiap bulannya puluhan warga lanjut usia (Lansia) berkumpul memeriksa kesehatannya dengan membawa sekantong sampah rumah mereka sebagai iuran.

Pengelola Posyandu Lansia Sehat Dengan Sampah, Syafitri mengatakan bahwa Posyandu yang didirikan sejak tiga tahun lalu ini menerapkan cara tersebut untuk menanamkan kepedulian dan kecintaan warga terhadap lingkungan sekitar.

Menurut Syafitri, tidak ada persyaratan khusus bagi para Lansia untuk memeriksakan kesehatannya di Posyandu tersebut, hanya diminta membawa sampah nonorganik atau plastik tanpa ditentukan berat sampah yang mereka bawa.

Sejumlah lansia tersebut mengakui, selama tiga tahun terakhir rutin datang untuk memeriksakan kesehatannya, selain tidak menggunakan biaya dan tempatnya relatif dekat dan sangat membantu meringankan beban mereka.

Selain itu, juga diberikan penyuluhan kesehatan gratis oleh pihak Puskesmas setempat dan diajak senam sehat bersama setiap bulannya untuk melatih gerak tubuh dalam menjaga kebugaran, kata Suwardi (61) warga setempat.

Ia berharap, melalui kegiatan ini selain menjaga kesehatan lansia, nantinya juga dapat menularkan kepedulian kepada lingkungan sekitar rumah mereka tinggal.

Menurut Nyimas Zainap (59), warga lainnya bahwa sekilas Posyandu ini sama halnya dengan Posyandu pada umumnya, namun yang membedakannya adalah setiap Lansia yang datang membawa sekantong sampah dari rumahnya sebagai iuran atau biaya memeriksakan kesehatan.

Selanjutnya, Posyandu Lansia di jalan Demak Kertapati ini menerapkan hal tersebut guna menanamkan kecintaan lingkungan warga sekitar yang diharapkan penerapannya dapat membantu meringankan beban biaya dikeluarkan warga sekaligus turut serta menjaga lingkungan.