Korem tebar cairan bios 44 ke lahan pertanian

id bios 44, korem gapo, cairan bios

Korem tebar cairan bios 44 ke lahan pertanian

Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo menebar cairan Bios 44 di lahan pertanian warga Palembang (Foto antarasumsel.com/Feny Selly/16/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Setelah menciptakan cairan bios 44 yang diperuntukkan  merestorasi lahan gambut, saat ini Korem 044/Gapo mulai menebarkan cairan ini ke sejumlah lahan pertanian dan tambak  di seluruh wilayah Korem 044/Gapo secara serentak. 

"Pemberian Bios 044 ini bermaksud untuk  membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengolah lahan  pertanian dan perikanan serta menjaga ekosistem lingkungan," kata Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo di sela kegiatan di Palembang, Rabu. 

Penebaran Bios 44 sendiri dilakukan serentak di  18 titik di seluruh wilayah Korem 044/Gapo atau di sejumlah kabupaten/Kota di Sumatera Selatan. 

Di Kota Palembang kegiatan penebaran dilakukan di Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati pada kolam budidaya ikan lele dan lahan persawahan milik warga setempat. 

Cairan ini disebar pada lahan pertanian dan tambah-tambak ikan yang ada di kawasan tersebut. 

Kawasan Kramasan sendiri dipilih karena merupakan salah satu pusat penggarapan lahan pertanian dan tambak di Kota Palembang. 

Pada kesempatan tersebut Dandim 0418/Palembang menyatakan  kegiatan penebaran Bios 44 ini merupakan upaya TNI khususnya Korem 044/Gapo dalam membantu pemerintah mengatasi kesulitan masyarakat. 

"Ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab TNI Angkatan Darat  sebagai implementasi jati diri tentara rakyat, pejuang, profesional, dan selalu manunggal dengan rakyat," papar Letkol Inf Ferdi Prastyono. 

Bios 44 merupakan hasil inovasi Korem 044/Gapo berupa cairan  gabungan mikroorganisme yang ramah lingkungan.

Cairan tersebut apabila ditebarkan di lahan gambut dapat mencegah kebakaran dan bila ditebarkan ke lahan pertanian  atau perikanan akan membuat sistem tanah menjadi lebih produktif  karena terjaga ekosistemnya,