Sukmawati Soekarnoputri "turun gunung" jaga keutuhan NKRI

id sukmawati soekarnoputri, sukmawati, nkri, turun gunung, keutuhan

Sukmawati Soekarnoputri "turun gunung" jaga keutuhan NKRI

Sukmawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Bandung (Antarasumsel.com) - Putri Presiden Pertama Indonesia Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri dan Toto Suryawan Soekarnoputra menyatakan siap "turun gunung" ke sejumlah daerah untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

"Ya, harus turun gunung dan juga mengamalkan, menjaga NKRI dan Pancasila dengan hormat. Sebenarnya kami sering bersosiliasi dengan masyarakat, tapi sekarang harus lebih dekat lagi," kata Soekarnoputri, disela-sela aksi damai yang digelar oleh sejumlah LSM dan ormas, di depan Gedung Sate Bandung, Kamis.

Ia menuturkan pada dasarnya masyarakat Indonesia tidak mudah "diadu domba" dan terkenal dengan budaya saling menghormati walaupun ada di tengah perbedaan.

"Jadi sebetulnya tidak mudah 'diadu domba', tapi ada penerbar kebencinaan di tengah-tengah masyarakat kita yang cinta damia ini," ujar Sukmawati.

Ia menuturkan kehadirannya di tengah-tengah massa aksi damai tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap masyarakat Jawa Barat yang tidak menginginkan adanya penistaan terhadap Pancasila.

"Ya pastinya, Saya di sini, turut mendukung sebagai aspirasi rakyat Jawa Barat, menyuarakan suara-suara masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Toto Suryawan Soekarnoputri menambahkan dalam aksi damai tersebut ia dan massa lainnya ingin menunjukkan bahwa Pancasila tetap bisa dicontoh oleh bangsa lain dan menjadi perekat bangsa sehingga tidak mudah bercerai berai.

"Selain itu, kami dari keluarga Bung Karno, selama ini kami diberikan prinsip oleh bapak kami, yakni service of God, service of people, service of freedom, kita mengabdikan kepada Tuhan, masyarakat dan kemerdekaan," kata dia.