Penataan Sungai Musi penting jelang Asian Games

id sungai musi, Asian Games, Ahkmad Najib, Asisten Pemerintahan, penataan sungai, wisatawan, daya tarik, pesta olahraga internasional

Penataan Sungai Musi penting jelang Asian Games

Sejumlah perahu tradisional bersandar dipinggir Sungai Musi. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Ahkmad Najib mengatakan, penataan Sungai Musi cukup penting karena Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Pentingnya penataan sungai yang membatasi Kota Palembang menjadi dua wilayah yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir itu, karena udah menjadi kebanggaan daerah, kata Najib di Palembang, Jumat.

Bahkan, lanjut dia, bila masyarakat berkunjung ke Palembang juga ingin melihat Sungai Musi.

Jadi Sungai Musi sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga perlu dipercantik lagi, ujar dia.

Oleh karena itu sungai tersebut harus lebih menarik terutama kebersihan di bataran alurnya.

Ia berharap, dengan adanya pesta olahraga internasional mendatang maka tamu yang datang pasti ingin mengunjungi Sungai Musi.

Sehubungan itu sungai yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Selatan tersebut harus terus dipelihara dan ditata, sehingga akan semakin menjadi daya tarik bagi tamu nanti.

Oleh karena itu, lanjut dia, kesemuanya itu sudah menjadi tugas bersama dan bukan hanya pemerintah saja.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pihaknya sekarang ini telah menata di bantaran Sungai Musi itu supaya semakin menarik.

Pihaknya juga menjadikan tempat wisata andalan kampung Al Munawar yang juga terletak di pinggiran Sungai Musi.

Kampung Arab tersebut nantinya akan diperkenalkan kepada tamu yang akan ikut dan menyaksikan pesta olahraga akbar mendatang, tambah dia.