Dirjen: Perguruan Tinggi harus tingkatkan kualitas pendidikan

id pts, tingkatkan mutu pts

Dirjen: Perguruan Tinggi harus tingkatkan kualitas pendidikan

Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti Totok Prasetyo (kiri) menyerahkan sertifikat Akreditasi A dan SK kepada Rektor Unsri Prof Anis Saggaff di Palembang, Jumat (20/1) malam.(Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo mengatakan, perguruan tinggi diharapkan terus meningkatkan mutu pendidikan supaya bisa mencapai akreditasi lebih baik.

Apalagi dimasa mendatang semua perguruan tinggi harus terakreditasi A sehingga itu harus dicapai, kata Patdono Suwignjo saat berbicara dalam penutupan Rakor Kopertis se- Indonesia di Palembang, Jumat malam.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang sekarang ini sudah ada sekitar 50 perguruan tinggi yang berstandar A, sehingga itu jumlahnya harus ditambah lagi.

Memang, lanjut dia, pihaknya merasa bangga dari yang memiliki akreditasi A, sembilan di antaranya perguruan tinggi swasta (PTS).

Oleh karena itu untuk perguruan tinggi swasta tugas Kopertis yang memacu agar mutunya lebih baik, ujar dia.

Dia mengatakan, memang dalam meningkatkan mutu pendidikan banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain dosen dan sarana pendukung lainnya.

Sementara Ketua Kopertis Wilayah II, Prof Slamat Widodo mengatakan, memang pihaknya terus memacu agar perguruan tinggi dalam wilayahnya mutunya meningkat.

Sekarang PTS yang ada kebanyakan akreditasi C dan akan ditingkatkan menjadi B.

Begitu juga B akan ditingkatkan menjadi akreditasi A, tambah dia.