Luis Milla: Timnas Indonesia punya disiplin baik

id luis milla, pelatih timnas, timnas indonesia
Luis Milla: Timnas Indonesia punya disiplin baik
Luis Milla (REUTERS)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Pelatih tim nasional Indonesia yang baru ditunjuk PSSI, Luis Milla mengatakan timnas Garuda memiliki disiplin yang baik.

"Saya melihat beberapa video. Timnas Indonesia sudah memiliki koordinasi dan disiplin yang bagus," ujar Luis di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat.

Namun, Luis melanjutkan, dirinya juga melihat masih ada beberapa aspek tim yang harus ditingkatkan. Untuk itulah dia memerlukan kerja sama dengan semua pihak.

"Saya mau memanfaatkan pengalaman yang saya punya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemain," tutur pelatih berkebangsaan Spanyol ini.

Terkait target, Milla sendiri sepertinya tidak ingin itu membebaninya dalam membentuk tim yang solid  
Dia menanggapi target itu dengan mengatakan bahwa hanya ingin melakukan yang terbaik.

"Kami akan mencapai apa yang kami bisa. Semua ini bagian dari proses menuju satu tim yang kompetitif," kata dia.

Luis Milla sendiri ditetapkan sebagai pelatih timnas senior dan timnas U-22 pada hari ini, Jumat (20/1). Dia mulai bekerja secara efektif pada 8 Februari 2017 dan dikontrak selama dua tahun dengan evaluasi capaian setiap tahunnya.

PSSI menargetkannya meraih medali emas di SEA Games 2017 Malaysia, Asian Games 2018 dan dapat mendongkrak posisi Indonesia di peringkat FIFA, setidaknya peringkat 130 sampai akhir tahun 2017.

Adapun Luis Milla memiliki karier yang bagus semasa menjadi pesepak bola. Dia adalah salah satu dari segelintir pemain yang pernah membela dua klub dengan jejak rivalitas panjang, Barcelona dan Real Madrid, mengikuti jejak beberapa nama seperti Luis Figo, Michael Laudrup dan Bernd Schuster.

Sepanjang kariernya sebagai pemain, Luis Milla sudah mencicipi berbagai gelar seperti Piala Winners UEFA, La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol dan Piala Intertoto.

Sebagai pelatih, dia pernah mengasuh beberapa klub seperti Al Jazira di Uni Emirat Arab dan Real Zaragoza di Spanyol. Pelatih yang saat bermain berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga pernah tim nasional usia muda Spanyol yaitu U-19, U-20, U-21 dan U-23.

Di tangannya, timnas U-19 Spanyol menjadi "runner up" Piala Eropa U-19 tahun 2010. Setahun setelah itu, dia berhasil membawa timnas U-21 Spanyol menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun 2011 setelah mengalahkan Swiss dengan skor 2-0 di babak final.

Beberapa nama yang membela timnas Spanyol ketika itu kini sudah membela beberapa klub besar dunia seperti Ander Herrera dan Juan Mata, kini berkiprah di Manchester United serta Thiago Alcantara, mantan pemain muda Barcelona yang saat ini bermain untuk Bayern Muenchen.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga