Raja Ampat gelar beragam festival menarik wisatawan

id Raja Ampat, festival, mempromosikan pariwisata, meningkatkan kunjungan, wisatawan,

Raja Ampat gelar beragam festival menarik wisatawan

Salah satu pemandangan di kawasan Raja Ampat (ANTARA)

Sorong (Antarasumsel.com)- Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat akan menggelar beragam festival untuk mempromosikan pariwisata daerah itu guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Sorong, Sabtu mengatakan, upaya pemerintah daerah mempromosikan wisata Raja Ampat tahun ini adalah menggelar beragam festival.

Dia mengatakan, festival adalah sarana promosi sehingga semakin banyak festival yang digelar semakin banyak pula wisatawan berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat.

Kami merencanakan melakukan beragam festival tahun ini yakni festival bahari, festival suling tambur, festival pesona Misol, festival pesona Salawati Batanta, festival pesona Waigeo, festival makan ikan dan festival merah putih.

Selain itu, kata dia, digelar pula festival rohani, festival laut biru, pekan raya Raja Ampat, gemar membaca anak Raja Ampat dan festival kuliner Raja Ampat.

Menurut dia, selain sarana promosi wisata festival tersebut juga bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya masyarakat Kabupaten Raja Ampat.

Selain festival upaya Pemerintah Kabupaten Raja Ampat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah tersebut adalah meningkatkan pelayanan transportasi.

Ia menyampaikan bahwa Dinas Perhubungan tahun ini memprogramkan angkutan reguler atau angkutan umum penghubung pulau terutama pulau-pulau destinasi wisata di sini.

"Transportasi reguler tersebut akan membantu menurunkan tarif pariwisata di Kabupaten Raja Ampat, mengingat wisatawan mancanegara maupun lokal dapat menggunakan transportasi reguler itu tanpa harus sewakan speedboat dengan harga yang tinggi,"ungkap dia.