Mukomuko minta pabrik laporkan analisa limbah periodik

id limbah pabrik, Pemerintah, Provinsi Bengkulu, perusahaan, pengelola pabrik, minyak mentah, kelapa sawit, setiap bulan, secara periodik

Mukomuko minta pabrik laporkan analisa limbah periodik

Ilustrasi (Ist)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Bengkulu meminta pengelola pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah itu melaporkan hasil analisa limbah yang dibuangnya ke sungai dan daratan di daerah itu tepat waktu setiap bulannya secara periodik.

"Kami minta pabrik ini taat. Untuk pelaporan disepakati sesuai dengan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), setelah itu dilaporkan secara periodik," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Robin Linton di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan hal itu menanggapi kesimpulan hasil pertemuannya dengan seluruh manajemen pabrik kelapa sawit di daerah itu.

Ia mengingatkan, kedepan tidak ada lagi perusahaan yang terlambat melaporkan hasil analisa limbahnya yang dibuang ke sungai dan daratan di daerah itu.

"Kalau mereka terlambat kita akan turunkan tim untuk menyelidiki penyebabnya," ujarnya.

Selain itu, katanya, pihaknya tidak akan menerima hasil laporan analisa limbah yang tidak sempurna. Kalau belum sempurna harus diperbaiki, setelah itu baru dilaporkan ke instansi itu.

Karena, menurut dia, yang dibutuhkan instansi itu tidak hanya laporan tetapi yang mereka kerjakan itu harus sesuai kebenaran, yakni tidak mencemari lingkungan di daerah itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya akan melakukan kunjungan secara teratur, terutama pada saat musim tertentu, karena ada dugaan pabrik membuang limbah ketika musim hujan.

"Trennya ketika curah hujan tinggi tanpa mereka sadari limbah meluap ke media lingkungan seperti sungai dan daratan," ujarnya lagi.