Pelihara burung merpati bisa menguntungkan

id merpati, pelihara burung merpati

Pelihara burung merpati bisa menguntungkan

Penangkar burung merpati ternyata menguntungkan. (Antarasumsel.com/Banu S/Parni/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Peminat dan pemelihara burung merpati untuk sekedar hobby atau dijadikan usaha jual beli ternyata bisa memberikan penghasilan tambahan.

"Melatih dan mengembangkan burung merpati diminati oleh banyak kalangan masyarakat, baik remaja, dewasa juga orang tua. Peluang ini bisa menjadi ruang usaha jika dimanfaatkan secara baik," kata Suhaimi (51) salah satu penangkar burung merpati di Kelurahan Sako Palembang, Senin.

Sementara, cara mengembangkan dan melatih merpati secara berpasangan juga sangat mudah, asal tahu tipsnya. Untuk setiap pasang burung merpati yang terlatih bisa dijual dengan harga Rp80 ribu hingga Rp100 ribu/ perpasang, katanya.

Selain perawatan tidak sulit, burung merpati yang sudah terlatih dan memiliki rumah akan berkembang biak dengan cepat, namun hal perlu diperhatikan adalah makanan dan minumanya selalu terjaga.

Begitu juga dengan kebersihan kandang dan vitamin, harus rutin diberikan menjaga kesehatan burung merpati, kata Suhaimi.

Lagi pula memainkan burung merpati yang sudah terlatih memiliki keasyikan tersendiri, kata Mamat (17), salah satu penghobi burung tersebut menambahkan.

Menurut dia, burung merpati yang terlatih, bisa mengingat kembali tempat tinggalnya, meski mereka dilepaskan di lokasi yang jauh dari tempatnya. 
"Memang dalam hal ini, kita harus rajin dan sabar untuk melatih burung merpati setiap hari," katanya.