Pemprov upayakan masyarakat gunakan gas bumi

id gas, gas bumi

Pemprov upayakan masyarakat gunakan gas bumi

Pengembangan jaringan gas (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya dan mendukung sepenuhnya supaya masyarakat di daerah itu terutama yang memiliki sumber gas menggunakan bahan bakar gas bumi.

Apalagi sekarang ini ada program konversi atau pengalihan dari gas elpiji ke gas bumi, kata Pelaksana Tugas Sekda Pemprov Sumsel, Joko Imam Sentosa di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel apresiasi program itu karena sangat strategis, mengingat daerah ini sangat melimpah sumber daya alam gas dan minyak.

Bahkan, lanjut dia, Sumsel juga mengirim gas ke berbagai daerah dan negara.

Apalagi program itu juga mengembangkan infrastruktur yang ada di Sumsel dalam memudahkan masyarakat guna menunjang kebutuhan sehari-hari, ujar dia.

Memang, ujar dia, sekarang ini telah banyak ibu rumah tangga terutama di Kota Prabumulih yang menggunakan gas bumi.

Namun diharapkan bukan hanya rumah tangga di Kota Prabumulih saja yang menggunakan gas bumi, tetapi seluruh kabupaten dan kota di Sumsel.

Apalagi saat ini bidang pertambangan sudah diserahkan kepada pemerintah provinsi, sehingga potensi tersebut harus dimaksimalkan termasuk pemanfaatan untuk kebutuhan rumah tangga, katanya.

"Jadi bila bisa semua kabupaten dan kota masyarakatnya menggunakan gas bumi, sehingga tambang dan kilang dimiliki bermanfaat bagi orang banyak," kata Joko Imam Sentosa.

Sebelumnya Sekda Pemprov Sumsel meninjau warga yang telah beralih dari elpiji ke gas bumi termasuk kesiapan SPBG di Kota Prabumulih.