Trend buah durian tetap menanjak di pasaran

id durian, buah durian

Trend buah durian tetap menanjak di pasaran

Buah durian masih jadi primadona warga Palembang (Antarasumsel.com/M Fikri/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Trend buah durian tetap menanjak di pasaran kendati telah melewati musimnya dan masih menjadi primadona di masyarakat.

Meskipun telah masuk musim buah yang lain namun durian tetap laris manis, kata Ramlan, salah satu pedagang buah di Palembang, Jumat.

"Jika sekarang sudah masuk musim buah duku dan rambutan, tapi antusias masyarakat masih tinggi terhadap buah durian," katanya.

Ia mengatakan, seiring dengan mulai berkurangnya pasokan buah durian, karena telah berganti musim tapi para pedagang sebagian tetap berjualan.

"Kalau rekan-rekan yang lain sudah tutup, tapi saya masih berjualan karena masih banyak masyarakat mampir dan menanyakan buahdurian," kata Ramlan.

Ia menjelaskan, untuk harga tetap pada kisaran lama dan untuk kualitas sama yakni  ukuran sedang Rp15 ribu dan ukuran besar Rp20 ribu per buah,  ada juga yang mini harganya hanya Rp10.000 per buah.

Sementara itu Nurdin salah satu pembeli menyatakan buah durian memang segala musim dan selalu menarik perhatian.

"Saya salah satu pecinta buah durian dan kalau beli di sini rasanya ketika disantap lebih wangi dan manis," katanya.

Ia menambahkan, untuk harga lebih terjangkau dengan ukuran dan soal rasa tidak diragukan lagi.

"Saya suka karena rasanya manis dan matang di pohon langsung, jadi baunya khas dan biasanya beli dua hingga tiga buah," ujar Nurdin.

Lebih lanjut ia menyatakan, Sumsel termasuk penghasil buah durian terbaik se-Sumatera dan kualitasnya tidak kalah bersaing.

Ia menambahkan, sedikit tau karena penggemar buah durian juga, jadi durian dari Kikim Kabupaten Lahat Sumsel, rasanya khas itu kelebihannya.