Pemkot Palembang ajak pemilik ruko perindah kota

id sekda, ajak pemilik ruko perindah koa, cat ruko, cat, bersihkan kota

Pemkot Palembang ajak pemilik ruko perindah kota

Sekda Palembang Harobin Mustafa. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Pemilik rumah toko diajak untuk melakukan pengecatan bangunan tempat usahanya itu dengan cat berwarna cerah agar tampak bersih dan indah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak pemilik rumah toko untuk memperindah wajah kota mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan Asian Games 2018.

"Pemilik rumah toko diajak untuk melakukan pengecatan bangunan tempat usahanya itu dengan cat berwarna cerah agar tampak bersih dan indah," kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, pada tahap awal, pihaknya berhasil mengajak pemilik ruko di kawasan Jalan Jenderal Sudirman melakukan pengecatan tempat usahanya dengan cat warna warni.

Pengecatan ruko di wilayah Kota Palembang, akan dilanjutkan ke kawasan lainnya sehingga pada saat Asian Games 2018 wajah kota ini tampak cerah dan penuh warna, katanya.

Selain menarik partisipasi masyarakat melakukan pengecatan ruko, untuk memperindah wajah kota pihaknya juga berupaya melakukan perbaikan trotoar di sejumlah ruas jalan protokol.

"Trotoar yang ada di sejumlah ruas jalan protokol sekarang ini mulai banyak rusak karena digunakan pengemudi sepeda motor untuk menghindari jalan macet dan ada yang dijadikan tempat berdagang, kondisi ini secara bertahap akan dikembalikan fungsinya sebagaimana mestinya," ujar sekda.

Menurut dia, Pemkot Palembang secara bertahap berupaya mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi warga kota yang tidak menggunakan kendaraan bermotor atau pejalan kaki.

Trotoar yang sekarang ini menjadi target untuk dibenahi yakni yang berada di kawasan jalan protokol Jenderal Sudirman mulai dari halte bus pasar tradisional Cinde hingga pasar 16 Ilir Palembang.

Trotoar di jalan protokol akses menuju Jembatan Ampera itu perlu dibenahi dan dikembalikan fungsinya secara maksimal untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan menciptakan Kota Palembang sebagai kota layak huni berstandar internasional, kata Harobin.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan Pemkot Palembang diminta untuk memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu melakukan pembenahan infrastruktur, penambahan fasilitas umum dan sarana penunjang lainnya.

Wajah Kota Palembang harus tampak indah dan modern, sehingga bisa memberikan kesan positif kepada peserta Asian Games dan tamu yang datang untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan olahraga yang diselenggarakan di Bumi Sriwijaya ini, kata gubernur.