KPU Sumsel kembangkan rumah pintar Pemilu

id rumah pintar pemilu, pemilu, kpu, pusat pelatihan pemilih, pemilih, kpud sumsel, kpud

KPU Sumsel kembangkan rumah pintar Pemilu

Komisioner KPUD Sumsel Ahmad Naafi. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Rumah Pintar Pemilu yang dirintis sejak 2015, sekarang ini baru ada tiga unit dan dalam waktu dekat akan segera dikembangkan lima unit lagi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Sumatera Selatan berupaya mengembangkan Rumah Pintar Pemilu atau pusat pendidikan pemilih di setiap kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

"Rumah Pintar Pemilu yang dirintis sejak 2015, sekarang ini baru ada tiga unit dan dalam waktu dekat akan segera dikembangkan lima unit lagi," kata Komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Naafi, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, tiga Rumah Pintar Pemilu yang ada sekarang ini berada di lingkungan KPUD Sumsel, KPUD Ogan Ilir, dan KPUD Ogan Komering Ulu.

Pengembangan pusat pendidikan pemilih itu, pada 2017 ini dilakukan di empat kota dan satu kabupaten yakni di lingkungan KPUD Palembang, Prabumulih, Pagaralam, Lubuk Linggau, dan KPUD Empat Lawang, katanya.

Menurut dia, untuk mempercepat pengembangan Rumah Pintar Pemilu di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu, pihaknya berupaya berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Pengembangan pusat pendidikan pemilih itu perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah, karena untuk membangunnya membutuhkan dana yang cukup besar dan tempat yang memadai.

Melalui upaya tersebut, diharapkan sebelum pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden pada 2019, seluruh kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini sudah miliki Rumah Pintar Pemilu, kata dia pula.