Dosen ilmu pemerintahan berkumpul bahas isu terkini

id Pertemuan dosen ilmu pemerintahan

Dosen ilmu pemerintahan berkumpul bahas isu terkini

Universitas Taman Siswa mengumpulkan para dosen ilmu pemerintahan se Indonesia akan membahas isu terkini. (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Para dosen yang tergabung dalam Asosiasi  Dosen Ilmu Pemerintahan seluruh Indonesia (adipsi) akan berkumpul di Universitas Taman Siswa Palembang, pada 26 - 28 Januari di salah satu hotel untuk membahas isu terkini mengenai sosial,  kemanusiaan,  dan pemerintahan.

"Anggota Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Indonesia (Adipsi) bertemu untuk membahas isu terkini di Indonesia dalam dua bentuk yakni Konfrensi Internasional dan Pertemuan Tahunan (Annual Meeting)," kata Rektor Universitas Taman Siswa,  Joko Siswanto, di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, konfrensi internasional akan menyertakan  72 paper (makalah) dari 42 perguruan tinggi negeri dan swasta serta enam universitas luar negeri yakni University of Malaya (Malaysia),  Sharda University (India),  Ho Chi Minh University (Vietnam),  University Tandojam (Pakistan),  Zheijiang University (Tiongkok), North - Eastern Hill University (India).

Para penyaji makalah adalah calon doktor yang telah melakukan penelitian mengenai sosial, kemanusiaan dan pemerintahan sehingga nanti akan nampak kondisi-kondisi atau fenomena sosial terbaru di Indonesia terutama menjelang 20 tahun reformasi, ungkap Joko.

Ia menjelaskan, dalam konfrensi internasional nanti akan menjadi pembicara utama yakni Dr  Helena Varkkey (UM Malaysia),  Prof Habibullah Magsi (SAUT Pakistan),  Vikash Kumar (SU India),  dan Dr  Teguh Yuwono (UNDIP Indonesia)  yang merupakan pakar pada tiga disiplin ilmu.

Sementara pertemuan tahunan Adipsi akan membahas mengenai posisi disiplin ilmu pemerintahan yang belakangan sering bercampur dengan ilmu politik dan ilmu sosial,  selain juga untuk menentukan arah pandangan Adipsi ke depan.

"Nanti kami akan menggelar makan malam (gala dinner) bersama di rumah dinas Gubernur Sumsel, Alex Noerdin sekaligus memanfaatkan kesempatan memaparkan konsepsi pemerintahannya selama dua periode sampai berhasil memajukan perekonomian di provinsi tersebut, " kata Joko Siswanto.

Selain itu akan ada penandatangan kerja sama antara beberapa universitas dengan Adipsi guna memperkuat jaringan, dan setelah kegiatan para pemapar akan diajak berkeliling Kota Palembang untuk memberikan gambaran kemajuan serta kesiapan kota itu menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018.