Menko PMK minta BPJS Kesehatan tingkatkan pelayanan

id Menko PMK, Puan Maharani, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, pelayanan, Gotong Royong, Program JKN, KIS

Menko PMK minta BPJS Kesehatan tingkatkan pelayanan

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris (kiri)Puan Maharani (kanan)saat menghadiri Rapat .(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelayanan cukup penting sehingga itu harus diperhatikan," kata menteri saat bicara tentang Revolusi Mental Melalui Gotong Royong dalam Program JKN dan KIS pada rapat koordinasi BPJS Kesehatan di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan antara lain perlu diperhatikan sistem antrean termasuk waktu pelayanan.

"Itu harus menjadi komitmen utama BPJS dalam meningkatkan pelayanan," ujar dia.

Memang, lanjut dia, itu sudah dilakukan tetapi perlu dimaksimalkan lagi.

Dia mengatakan, memang sejak 2014 Indonesia telah mengimplementasikan program jaminan kesehatan nasional dan kartu Indonesia sehat.

Apalagi sampai saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan yang telah mengikuti program JKN dan KIS sekitar 70 persen, kata dia.

Menurut dia, program tersebut merupakan salah satu prioritas pemerintah yang tercantum dalam Nawacita yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

"Program tersebut diharapkan mampu meretas jalan perubahan demi Indonesia berdaulat secara politik, mandiri bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata dia.

Oleh karena itu pelayanan harus terus ditingkatkan supaya sumber daya manusia semakin berkualitas, tambah dia.