Para penyelenggara festival akan berkumpul dalam "FESTinFest"

id penyelenggara festival, ajang Festival Indonesia Festival , FESTinFest, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menpar

Para penyelenggara festival akan berkumpul dalam "FESTinFest"

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ANTARA FOTO)

....FESTinFest itu juga sebagai upaya dalam program pengembangan Gedung Sapta Pesona untuk destinasi pariwisata dan pengelolaan informasi festival di seluruh Indonesia....
Jakarta (Antarasumsel.com) - Para penyelenggara festival dari seluruh Indonesia berkumpul dalam ajang Festival Indonesia Festival (FESTinFest) 2017 yang digelar di Jakarta pada 26-29 Januari 2017.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membuka FESTinFest 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis.

"Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam festival yang menarik. 'FESTinFest' ini jadikanlah sebagai pentahelix forum pebisnis harus ada pemerintah, komunitas, media, dan akademisi harus ada," ujarnya.

Ajang ini sekaligus menjadi pendorong bagi terciptanya kalender even tahun ini yang acara puncaknya akan digelar pada 17 Agustus 2017. Dan pada 2018 acara puncaknya saat ASEAN Games 2018 yakni pada 18 Agustus 2018.

"Saya juga setuju Gedung Sapta Pesona ini dijadikan sebagai destinasi festival," ucapnya.

Dalam penyelenggaraan festival selama 4 hari di Gedung Sapta Pesona Jakarta itu akan ditampilkan berbagai kegiatan di antaranya pameran, pertunjukan, seminar, dialog, pemutaran film, pameran kuliner, dan minikarnaval.

Ajang itu digelar untuk pertama kalinya sebagai sarana untuk mempertemukan para penyelenggara festival untuk saling bertukar pengalaman dan mengembangkan kerja sama sekaligus sebagai "kick off" semaraknya festival sepanjang 2017.

Menteri Arief menyambut baik penyelenggaraan FESTinFest 2017 yang diharapkan menjadi sarana strategis untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman, dan kerja sama festival di seluruh Indonesia agar dapat terselenggara secara efektif, semarak, dan berdaya guna.

Ia sekaligus menawarkan setiap pekan dilaksanakan Indonesia Festival Week di Gedung Sapta Pesona Jakarta dan setiap provinsi menggelar acaranya di tempat yang sama.

"Saya tawarkan setiap minggu ada Indonesia Festival Week di sini. Setiap provinsi akan mempunyai jatah 'week' di sini. Sebab tempat meluncurkan (acara) terbaik yakni di Jakarta," tuturnya.

Di Indonesia sendiri dalam satu tahun juga sudah disiapkan setidaknya 100 festival yang digelar di berbagai daerah di Tanah Air sebagai upaya untuk menarik kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dan menggerakkan 265 juta mobilitas wisatawan nusantara (wisnus) sebagai target tahun ini.

FESTinFest itu juga sebagai upaya dalam program pengembangan Gedung Sapta Pesona untuk destinasi pariwisata dan pengelolaan informasi festival di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan Pekan Budaya Nasional serta persiapan Indonesia Cultural Asiade (ICA) dalam rangka ASIAN Games.

Dalam ajang itu untuk hari pertama akan diselenggarakan upacara pembukaan, Seminar Festival Indonesia bertema "Mencari Panduan dan Kerja sama", Sarasehan Penyelenggara Festival dan Event Organizer, Diskusi Terarah para pemangku kepentingan, Festival Internasional, "public hearing", festival destinasi utama, sosialisasi Indonesia Cultural Asiade dan Pekan Budaya Nasional, Pertemuan Kesepahaman dan Kerja sama antar Festival, serta malam budaya nusantara.

Pada hari kedua akan digelar sarasehan pariwisata, forum general diskusi terarah, dan malam budaya nusantara.

Sedangkan pada hari ketiga digelar sosialisasi Cultural Asiade, sosialisasi pekan budaya nasional, perkenalan festival daerah, pertemuan kesepahaman dan kerja sama antar festival, malam ragam rasa.

Kemudian pada hari terakhir digelar pameran dan "parade on the street" yang memamerkan poster dan foto festival di Indonesia dan "show off" budaya.

Dan acara dua hari terakhir dalam ajang tersebut terbuka untuk umum.