Permintaan wayang potehi meningkat 50 persen

id wayang potehi, produk kerajinan, kain China, perayaan Imlek, pangsa pasar, keturunan Tionghoa, perajin wayang kain China

Permintaan wayang potehi meningkat 50 persen

Wayang potehi (ANTARA)

Tulungagung (Antarasumsel.com) - Permintaan produk kerajinan wayang kain China atau wayang potehi menjelang perayaan Imlek tahun ini meningkat sekitar 50 persen dengan pangsa pasar berbagai daerah maupun mancanegara.

Liem Giok Bing alias Kuwato (60), WNI keturunan Tionghoa yang selama ini tinggal di lingkungan Kelurahan Kutoanyar Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis mengatakan saat ini permintaan di sentra kerajinan wayang potehi miliknya mencapai 75 pesanan.

"Ini sedang kami kerjakan terus dan sebagian sudah dikirim," katanya saat berbincang dengan wartawan, di Tulungagung.

Jumlah pesanan tersebut menurut dia separuh lebih banyak dibanding menjelang perayaan Imlek 2016, di mana permintaan saat itu sekitar 50 paket.

"Ada pesanan juga dari luar negeri dengan volume paket cukup banyak sehingga kami sedikit kewalahan, seperti dari Hong Kong, Taiwan dan Australia," ujarnya.

Untuk mengerjakan, Kuwato atau Liem Giok Bing dibantu sejumlah kerabatnya.

Ia mengakui besar dan meningkatnya volume pesanan wayang potehi dikarenakan minimnya perajin wayang kain China atau potehi di Tanah Air.

Di Tulungagung, Kuwato merupakan satu-satunya perajin produk seni tradisional China daratan terebut.

Menurut dia, daerah-daerah lain sebagian juga sudah tidak ada sehingga banyak warga keturunan ataupun etnis Tionghoa yang kemudian memilih memesan produk wayang potehi darinya.

"Kesenian wayang potehi saat ini semakin populer. Tidak hanya dimainkan di klenteng-klenteng umat Tri Darma, tapi juga sudah banyak dimainkan di pedesaan," tuturnya.

Kuwato menjelaskan, wayang potehi dibuat dari bahan kayu waru gunung yang kemudian dipotong dan diukir sehingga berbentuk tokoh pewayangan China.

Proses pembuatannya, kata Kuwato, dimulai dengan membentuk pola kepala wayang dari potongan kayu yang sudah diukur sebelumnya.

Setelah dihaluskan, tutur dia, pahatan kepala wayang potehi kemudian dicat warna-warni sesuai denga karakter dan watak tokoh yang dibuat.

"Jika sudah baru diberi baju atau pakaian sesuai peran yang dimainkan," ucapnya.

Kuwato mengatakan, wayang potehi saat ini juga banyak diburu para kolektor dengan memesan tokoh sung go kong, sin jie kui, dan kwan kong.

Wayang potehi bisa dibeli/pesan secara eceran maupun sistem paket. Jika membeli per buah, Kuwato mematok harga mulai Rp750 ribu hingga jutaan rupiah tergantung ukuran, bahan dan tingkat kesulitan pembuatan.

Sementara untuk pembelian satu set isi 125-150 buah wayang potehi, Kuwato membanderol harga jual hingga Rp400 juta.