Pusda targetkan jadi tempat perpustakaan wisata Palembang

id perpustakaan, perpustakaan daerah, tempat wisata

Pusda targetkan jadi tempat perpustakaan wisata Palembang

Maulan Aklil. (Antarasumsel.com/M Syafei/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan menargetkan akan bertransformasi menjadi perpustakaan wisata yang tidak hanya menyediakan buku, tapi akan mengubah segalanya dalam bentuk wajah baru.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah (Pusda) Sumsel, Maulan Aklil di Palembang, Senin mengatakan, cita-cita dari Pusda adalah menjadi perpustakaan wisata di Kota Palembang, dan itu sudah ada di dalam perencanaan.

"Kami akan menciptakan wajah baru dari perpustakaan daerah itu sendiri, akan merubah cara berfikir masyarakat bahwa perpustakaan bukan hanya tempat membaca buku saja, tetapi dapat memperoleh manfaat lain di dalamnya," kata Aklil.

Ia mengatakan, seluruh jajaran staf, pegawai sampai tukang sapu sudah mulai
dipersiapkan untuk menyukseskan program peningkatan pelayanan perpustakaan daerah.

"Tentu kami akan melatih semuanya, karena sudah jelas di dalam menjalankan suatu wisata perlu adanya pelayanan yang baik, dari hal terkecil seperti senyum dan ramah," katanya.

Ia mengatakan, akan memberikan sarana dan prasarana yang seperti wisata pada umumnya menarik minat masyarakat seperti penambahan tempat, salah satunya akan dibuatkan cafe, live music, penambahan wi-fi di setiap sudut dan juga akan ada les salah satunya bermain biola.

"Kami akan memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik, tentunya selalu mengajak masyarakat untuk mencintai buku bukan dengan cara biasa, tetapi dengan cara berbeda dan menarik," katanya.

Ia mengatakan, akan memberikan pelayanan yang menarik, unik dan berbeda tidak seperti biasanya. Salah satunya akan mengeluarkan kartu untuk anak-anak bertema kartun, seperti spiderman dan lainnya.

"Untuk menikmati semua pelayanan dan fasilitas itu, kami memberikan kartu pusda, dan target kami tahun 2017 ini harus sudah beroperasi," katanya.

Sementara, salah satu pengunjung Pusda, Rian Haryanto mengatakan, sangat mendukung program Pusda menjadi perpustakaan wisata di Kota Palembang.

"Ini sangat positif, dan pasti akan menghidupkan minat pembaca di Kota Palembang," katanya.