Bulog Sumsel-Babel benahi sistem penyaluran Rastra

id bulog, Perum Bulog Divisi Regional Sumsel-Babel, membenahi sistem, penyaluran beras, rakyat sejahtera, rastra, penyelewengan bantuan

Bulog Sumsel-Babel benahi sistem penyaluran Rastra

Beras di gudang bulog (ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung terus berupaya membenahi sistem penyaluran beras untuk rakyat sejahtera (rastra) di wilayah kerjanya guna mencegah penyelewengan bantuan itu.

"Kegiatan penyaluran perlu terus dibenahi sehingga semakin baik dan tepat sasaran," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS di Palembang, Selasa.

Ia menyebutkan berdasarkan evaluasi dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan penyaluran beras untuk warga miskin (raskin) telah berjalan dengan sangat baik terbukti pihaknya mendapat penghargaan.

Untuk membenahi sistem penyaluran bantuan rastra, pada tahun 2017, pihaknya berupaya menjalankan uji coba sistem penyaluran dengan sistem kartu elektronik atau "e-voucher" yang segera diterapkan di Kota Palembang.

"Uji coba sistem baru penyaluran rastra perlu dilakukan dengan baik sehingga bisa dilanjutkan ke kabupaten dan kota lainnya dalam wilayah kerja Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung," katanya.

Menurut dia, sekarang ini sedang dilakukan persiapan penyaluran rastra menggunakan sistem kartu elektronik atau "e-voucher".

Untuk menerapkan sistem baru penyaluran rastra tersebut pihaknya menyiapkan jaringan distribusi yang disebut Rumah Pangan Kita (RPK) yang bersinergi dengan perbankan seperti BNI dan BRI.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda menambahkan pihaknya mendukung rencana penyaluran bantuan beras untuk masyarakat keluarga miskin dengan sistem "e-voucher".

"Kota Palembang merupakan salah satu kota di Sumatera Selatan yang pada 2017 melakukan uji coba penyaluran rastra bersama 43 kabupaten/kota di Tanah Air lainnya, uji coba itu akan didukung secara maksimal sehingga bisa diterapkan dengan baik dan lebih tepat sasaran," ujarnya.

Menurut dia, penyaluran rastra melalui sistem kartu elektronik merupakan langkah maju dan diharapkan pelaksanaannya sesuai dengan rencana.

Untuk mendukung uji coba pelaksanaan penyaluran bantuan dengan sistem "e-voucher", pihaknya akan meningkatkan kegiatan pengawasan pembagian beras khusus untuk masyarakat miskin agar benar-benar tepat sasaran dan dapat mencegah timbulnya masalah sosial.

"antuan rastra yang telah berlangsung cukup lama itu, perlu terus diperbaiki baik kualitas berasnya maupun kaulitas sistem penyalurannya," kata Belman.