Sejumlah calon Dubes akan kenalkan tekstil Indonesia

id kain, kain songket

Palembang (Antarasumsel.com) - Sejumlah calon Duta Besar Republik Indonesia berencana akan memperkenalkan kain tekstil khas Indonesia  saat bertugas di negara tujuan nanti.

"Pasti akan kita kenalkan dan kenakan di sejumlah kesempatan saat bertugas di sana nanti," kata calon Duta Besar RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi di sela kunjungannya di sentra tenun Zaenal Songket Palembang, Selasa.

Menurut Yuddy Chrisnandi, kain Indonesia berkualitas baik meskipun dengan harga tinggi mempunya nilai seni yang tinggi.

"Itu sebabnya bagi orang luar kain khas kita sangat istimewa dan menarik," ungkap pria yang saat ini menjabat sebagai tim ahli Wakil Presiden RI.

Menurut dia, orang luar sangat rasional dalam melihat keindahan kain tradisional Indonesia baik dari motif maupun perpaduan keindahan dan kreatifitas yang terkandung di dalamnya.


Yuddy sendiri  yang kebetulan saat itu mengenakan batik pesisir mengakui sangat menggemari pakaian batik terutama khas dari daerah asalnya Cirebon.

"Batikmega mendung itu favorit saya dari warna dan corak kainnya," kata dia.

Ia mengakui, istrinya di rumah mengkoleksi aneka kain khas Indonesia namun sayang  tidak bisa dibawa saat bertugas di Ukraina nanti.

Hampir serupa Yuddy, calon Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya merujuk kain khas Sumatera Selatan sebagai kain yang patut diperkenalkan di luar negeri.

"Sudah sepatutnya kita mengenakan pakaian dengan kain khas negara kita," ujarnya.

Pria kelahiran Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan ini mengaku menyenangi aneka batik terutama yang berwarna kuning dapat diperuntukkan pada acara kepartaian.