Liga Spanyol perkenalkan video wasit mulai 2018

id wasit, video, seoakbola, spanyol, FIFA, Presiden, Liga Spanyol, Javier Tebas.

Liga Spanyol perkenalkan video wasit mulai 2018

Pertandingan Liga Spanyol , Cristiano Ronaldo saat Real Mandrid lawan Levante (PEDRO ARMESTRE/AFP)

Madrid (Antara/Reuters) - Video para wasit diharapkan dapat digunakan di sepak bola Spanyol pada musim 2018/2019 ketika hal itu telah disetujui sepenuhnya oleh FIFA, kata Presiden Liga Spanyol Javier Tebas.

Tebas berbicara setelah hasil imbang 1-1 pada Minggu antara Barcelona dan Real Betis, pertandingan di mana sang juara bertahan Barca terlihat mencetak gol yang tidak disahkan.

Tayangan-tayangan ulang video memperlihatkan bahwa pemain Betis Cristiano Piccini membelokkan bola operan Aleix Vidal ke gawang yang melintasi garis sekitar semeter, sebelum bek Aissi Mandi meluncur dan membuang bola.

"Tes-tes telah dilangsungkan. Kami mengerjakan video wasit selama delapan bulan terakhir," kata Tebas kepada El Pais.

"Kami akan mengujinya di Liga Spanyol mulai musim depan," tambahnya
"Jika FIFA akhirnya mengesahkannya, kami akan mulai menggunakannya mulai Juli 2018."
Badan pembuat peraturan sepak bola IFAB mengesahkan pada bulan lalu masa percobaan selama dua tahun untuk sistem video asisten wasit (VAR) dengan akses untuk tayangan-tayangan ulang untuk membantu para ofisial pertandingan meninjau ulang keputusan-keputusan kunci.

Tidak seperti liga-liga papan atas lain di Eropa, Liga Spanyol tidak memiliki teknologi garis gawang karena pihaknya menganggap hal itu terlalu mahal.

Pelatih Barcelona Luis Enrique meyakini bahwa para ofisial memerlukan asisten.

"Para wasit memerlukan bantuan, apakah itu dengan kamera atau apapun, untuk keputusan-keputusan yang menguntungkan atau merugikan kami," ucapnya.

"Teknologi dapat membantu kami. Saya telah mengatakan hal ini sebelumnya."
Bagaimanapun, tidak semua orang menyukai penerapan teknologi.   
"Saya menentang video untuk perwasitan karena itu akan merusak esensi sepak bola," kata presiden Atletico Madrid Enrique Cerezo kepada Marca.

"Para wasit melakukan kesalahan dan memperbaikinya. Ada masa-masa di mana hal itu menguntungkan, dan pihak lain merasa dirugikan. Saya tidak melihat ada masalah dengan hal ini." (H-RF)