ADB: Ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen 2017

id adb, Bank Pembangunan Asia, ekonomi Indonesia, tumbuh, Takehito Nakao, konferensi pers, peningkatan pertumbuhan ekonomi, Menkeu, Sri Mulyani Indrawat

ADB: Ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen 2017

Monitor grafik pergerakan saham. (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2017 akan tumbuh 5,1 persen naik dibanding tahun 2016 yang sebesar 5,0 persen.

Presiden ADB Takehito Nakao dalam konferensi pers bersama Menkeu Sri Mulyani Indrawati di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, menyebutkan peningkatan pertumbuhan ekonomi itu seiring dengan terus membaiknya investasi swasta dan masih kuatnya tingkat konsumsi di Indonesia.

ADB memuji Pemerintah Indonesia atas kebijakan ekonomi yang telah diambil di tengah ketidakpastian keuangan global.

"Saya terkesan dengan komitmen kuat pemerintah terhadap reformasi kebijakan yang membuat bertambahnya kepercayaan pasar dan lebih banyak rakyat Indonesia memperoleh dari manfaat dari peningkatan ekonomi," kata Nakao.

Namun dari sisi inflasi, ADB memperkirakan adanya kenaikan indikator itu menjadi 4,0 persen pada tahun 2017 dibanding 3,5 persen pada 2016.

Sejak September 2015, Indonesia telah meluncurkan 14 paket kebijakan yang terdiri atas serangkaian reformasi kebijakan di berbagai bidang yang ditujukan untuk meningkatkan investasi, memperkuat daya saing dan mendiversifikasi perekonomian.

ADB mencatat hasil nyata yang diperoleh dari paket reformasi tersebut, termasuk perbaikan posisi Indonesia dalam pemeringkatan kemudahan berusaha.

Sampai akhir 2016, lebih dari 500 perusahaan telah memanfaatkan direvisinya daftar negatif investasi, dengan investasi yang direncanakan hingga 12,9 miliar dolar AS.

Menurut ADB, peraturan terkait penetapan upah minimum juga telah mempermudah dunia usaha memperkirakan biaya usahanya.