Wapres harapkan perusahaan besar ikut kembangan UMKM

id Wakil Presiden, Jusuf Kalla, umkm, usaha kecil menengah, memperkecil kesenjangan ekonomi nasional, Astra International

Wapres harapkan perusahaan besar ikut kembangan UMKM

Wakil Presiden RI M.Jusuf Kalla (ANTARA/Saptono)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan perusahaan-perusahaan besar dapat ikut serta dalam membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program pemberdayaan masyarakat dengan tujuan akhir memperkecil kesenjangan ekonomi nasional.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres RI kepada Anggota Independen Majelis Tinggi Parlemen Inggris yang juga salah satu pemilik saham mayoritas di perusahaan Astra International, Lord Charles Powell dalam pertemuan di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu.

"'Message'-nya dari Pak JK itu kita akan membuat yang 'gede-gede' ini bagaimana membantu yang kecil-kecil melalui pemberdayaan masyarakat," kata Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi usai mendampingi Wapres menerima Lord Powell.

Menurut Sofjan, pesan Wapres tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI dalam rapat kabinet soal ekonomi di Istana Bogor, Selasa, yang ingin melakukan pemerataan guna memperkecil kesenjangan ekonomi nasional.

"Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan, bagaimana pemerintah mengurangi 'gap', dia minta juga Astra sebagai salah satu perusahaan terbesar gara dapat ikut serta," tuturnya.

Salah satu yang diharapkan pemerintah kepada perusahaan besar, seperti Astra, antara lain untuk mengembangkan perkebunan plasma kelapa sawit sehingga tumbuh berkembang seperti perkebunan inti dan dapat mengekspor minyak mentah kelapa sawit (CPO).

Pada rapat kabinet di Istana Bogor, Selasa, Presiden Jokowi menyampaikan sasaran pembangunan pemerintah saat ini tidak hanya mengejar peningkatan kesejahteraan, tetapi juga pemerataan.

Pemerataan tersebut akan diupayakan melalui tiga pilar, yakni kebijakan berbasis lahan, kebijakan berbasis kesempatan, dan kebijakan berbasis peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).