Wagub Sumsel minta mutu PTS ditingkatkan

id Ishak Mekki, Wakil Gubernur, meningkatkan mutu pendidikan, sarjana, semakin berkualitas, Perguruan Tinggi Swasta, acara peringatan, meninggalnya, haul

Wagub Sumsel minta mutu PTS ditingkatkan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (Antarasumsel.com) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki minta Perguruan Tinggi Swasta di daerah ini terus meningkatkan mutu pendidikan, supaya sarjana yang dihasilkan semakin berkualitas.

Apala lagi sekarang ini persaingan cukup ketat sehingga mutu harus selalu ditingkatkan, kata Wagub saat menghadiri pemilihan kepengurusan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Wilayah II A di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, perguruan tinggi harus terus berbenah supaya mampu bersaing dalam era sekarang ini.

Selama ini perguruan tinggi swasta (PTS) sudah banyak memberikan peranan terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia baik di Provinsi Sumsel maupun Bangka Belitung, ujar dia.

Namun, lanjut dia, kualitasnya harus terus ditingkatkan karena persaingan semakin berat dan ketat.

Itu sudah menjadi tugas kedepan kepengurusan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia, kata Wagub.

Oleh karena itu, kata dia, pengurus nanti harus mampu membawa asosiasi tersebut supaya perguruan tinggi di daerah semakin berkembang dan lebih baik.

Memang, lanjut dia, pemerintah juga berperan dalam memajukan perguruan tinggi di daerah.

Namun, lanjut dia, kondisi saat ini terkait pengelolaan PTS dilimpahkan kepada pemerintah pusat.

Walaupun demikian bukan berarti pemerintah provinsi maupun kabupaten serta kota tidak boleh mendukung dan mendorong PTS agar bisa lebih maju.

Bila PTS hanya hidup dengan mengandalkan mahasiswa, tentu sangat terbatas sehingga perhatian dan dorongan dari pemerintah daerah juga sangat diperlukan, tambah dia.