Gubernur minta alumnus IPB kembangkan buah unggul

id Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, Alumnus Institut Pertanian Bogor, Dinas Pertanian, mengembangkan, buah unggulan, Potensi daerah

Gubernur minta alumnus IPB kembangkan buah unggul

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada Alumnus Institut Pertanian Bogor dan Dinas Pertanian setempat untuk mengembangkan buah unggulan di daerah ini.

Potensi dan jenis buah di daerah ini cukup banyak sehingga perlu dikembangkan, kata gubernur usai membuka festival buah dan bunga unggul daerah di Kambang Iwak Palembang, Jumat.

Menurut dia, sekarang ini buah beredar di Sumsel masih kebanyakan didatangkan dari luar negeri seperti Bangkok.

Memang, lanjut gubernur, jenis buah dari luar negeri itu cukup terkenal seperti Jambu Bangkok, Durian sehingga itu perlu dicontoh.

Bila perlu bagaimana supaya masyarakat semakin mencintai buah lokal supaya petani di daerah ini semakin bergairah, ujar dia.

Dia mengatakan, sebenarnya bila itu diteliti maka produk buah unggul di daerah ini semakin berkembang dan lebih diminati.

Jadi itu menjadi pekerjaan rumah bagi daerah ini agar buah unggulan Sumsel semakin diminati masyarakat, kata dia.

Selain mengembangkan buah unggul, gubernur juga minta, supaya buah tersebut rutin tersedia dalam arti bukan musiman.

Selama ini buah - buahan selalu ada bila musim tiba yang seharusnya setiap saat harus tersedia, kata gubernur.

Oleh karena itu tugas bersama dan bagaimana buah tersebut selalu berbuah sehingga produknya selalu tersedia, kata gubernur.

Festival buah dan bunga unggulan tersebut dilaksanakan alumni Institut Pertanian Bogor Sumsel yang diikuti Pemerintah Provinsi Sumsel dan beberapa kabupaten dan kota di daerah ini.