PMI Kota Palembang giatkan masyarakat donor darah

id pmi, donor, pendonor, utd, donor darah

PMI Kota Palembang giatkan masyarakat donor darah

UTD-PMI Kota Palembang (Antarasumsel.com/17/M Fikri/I016)

Palembang (Antarasumsel.com) - Unit Transfusi Daerah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) Kota Palembang  mulai menggiatkan kegiatan donor darah di kalangan masyarakat setiap hari.

Kepala Kepegawaian Unit transfusi darah PMI Kota Palembang, Bambang Irawan di Palembang, Jumat mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kebutuhan darah.

"Setiap hari memang ada saja yang datang secara sukarela mendonorkan darahnya, dan ada juga pendonor yang dikirimkan untuk keluarganya," katanya.

Dia mengatakan dalam sebulan kebutuhan darah di Palembang mencapai 4.000 kantong dan setiap hari lebih kurang 100 pendonor.

"Sedangkan kami sebagai pemasok darah untuk rumah-rumah sakit di Kota Palembang. Untuk meningkatkan kebutuhan darah tersebut kami selalu sosialisasikan ke masyarakat," ujar dia.

Dalam rangka pendekatan ke masyarakat, katanya, PMI telah membuka khusus gerai donor darah bagi masyarakat di Pusat Perbelanjaan PTC mal, dan Palembang Square.

"Kami membuka gerai di pusat perbelanjaan itu supaya masyarakat mengetahui bahwa donor darah itu bagus untuk kesehatan," katanya.

Kasman, salah satu pendonor mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain jiwa sosial juga untuk saling membantu, donor darah juga membuat badan jadi lebih bugar. Pengalaman dia mendonorkan darah membuatnya jadi lebih aktif dalam kegiatan tersebut.

"Pernah ada keluarga yang mebutuhkan, darah saya tidak cocok, jadi minta bantuan kepada yang lain, syukur ada stok di situ saya mulai sadar saling membantu," katanya.

Bambang menambahkan dengan kegiatan ini makin banyak masyarakat secara sukarela mendonorkan darahnya  ke PMI. "Semoga saja, dengan banyaknya bantuan darah semakin banyak pula jiwa orang tertolong," tutupnya.