Muara Enim siapkan 4.000 jaringan gas rumah tangga

id wakil bupati muara enim, nurul aman, jaringan gas, gas, rumah tangga

Muara Enim siapkan 4.000 jaringan gas rumah tangga

Ilustrasi - Petugas mengukur penggunaan gas konsumen rumah tangga (ANTARA FOTO)

Muara Enim ( Antarasumsel.com ) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 4.000 jaringan gas kota untuk rumah tangga guna mendukung program pemerintah pusat 2017 sekaligus  mempercepat konversi bahan bakar minyak tanah ke gas.

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Amandi di Muara Enim, Sabtu, mengatakan pemerintah pusat telah menganggarkan dana pembangunan jaringan pipa gas tersebut sebesar Rp 175 miliar.

“Kami harapkan masyarakat Muara Enim dapat mendukung program ini, sehingga dapat berjalan baik dan sesuai dengan target," katanya.

Muara Enim yang memiliki potensi gas alam yang cukup besar menjadi proyek percontohan jaringan gas nasional yang diterapkan di dua kecamatan yakni Kecamatan Muara Enim sebanyak 3.600 sambungan dan Kecamatan Ujanmas 400 sambungan.

Keuntungan memakai jaringan gas rumah tangga ini karena menggunakan sistem instalasi ke rumah tangga sehingga lebih hemat dan aman jika dibandingkan dengan menggunaan minyak bumi dan gas elpiji.

"Tak hanya itu jika terjadi kebocoran gas, dapat dengan mudah terdeteksi dan diminimalisir menghindarkan terjadinya kebakaran serta ledakan," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi gas rumah tangga bagi masyarakat di Kabupaten Muara Enim telah dilaksanakan. Sebagai daerah penghasil migas, kabupaten ini mendapat dana bagi hasil untuk digunakan membangunan sarana fisik maupun nonfisik, salah satunya pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga.

Pemerintah berinisiatif menggunakan gas bumi daripada minyak karena cadangan minyak bumi sebagai sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui semakin berkurang, kata Nurul Aman.