Barcelona menang 3-0 atas Athletic Bilbao

id barca, barcelona, Las Palmas, messi, luiz suarez, nou camp, peringkat kedua, Andre Gomes

Barcelona menang 3-0 atas Athletic Bilbao

FC Barcelona (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Barcelona (Antara/Reuters) - Juara bertahan Liga Spanyol terus menempel pemuncak klasemen Real Madrid dengan mendulang kemenangan 3-0 atas tamunya Athletic Bilbao pada Sabtu, ketika Lionel Messi menjadi pencetak gol terbanyak timnya dari eksekusi-eksekusi tendangan bebas.

Paco Alcacer mencetak gol perdananya di liga sejak didatangkan dari Valencia tahun lalu dengan memaksimalkan operan dari Neymar pada menit ke-18, sedangkan Messi melepaskan sepakan menyudut pada menit ke-40, gol ke-27nya dari tendangan bebas untuk Barca.

Aleix Vidal mencetak gol paling impresif di pertandingan ini, dengan menyelesaikan "solo run" pada menit ke-67.

Barca tetap menghuni peringkat kedua di klasemen, tertinggal satu angka dari Real Madrid dengan catatan dua pertandingan lebih banyak. Sang pemuncak klasemen semestinya bertandang ke markas Celta Vigo pada Minggu, namun pertandingan itu dipastikan ditunda setelah atap Stadion Balaidos rusak akibat badai.

Tim peringkat ketiga Sevilla berkunjung ke markas Las Palmas pada Minggu.

Fernando Torres dimainkan sejak awal pertandingan untuk mencetak kedua gol saat Atletico Madrid menang 2-0 atas tamunya Leganes pada Sabtu.

Torres, yang melakukan debutnya untuk Atletico saat melawan Leganes pada 2001, tampil bagus sepanjang pertandingan. Ia semestinya dapat mencetak gol lebih awal pada menit kedua, ketika ia menyelesaikan serangan balik namun upayanya mencungkil bola tidak akurat.

Ia memenangi penalti pada menit ke-14 dan menindak lanjuti bola pantul untuk membawa tuan rumah memimpin, setelah Antoine Griezmann melihat eksekusi penaltinya dapat ditahan kiper Iago Herrerin.

Torres mencetak gol keduanya pada menit ke-51, menaklukkan perangkap offside dan mengejar bola pantul sebelum dengan tenang mencungkilnya melewati Herrerin. Atletico berada di peringkat keempat di klasemen dengan 39 angka.

Valencia dihancurkan 0-4 oleh tim kecil Eibar, pasukan Voro menelan kekalahan keduanya secara beruntun setelah masalah-masalah mereka sempat terpinggirkan dengan raihan dua kemenangan beruntun. Valencia kini berada di peringkat ke-16 dengan 19 angka, unggul enam angka atas Sporting Gijon yang menghuni posisi final di zona degradasi. Eibar naik ke peringkat ketujuh dengan 32 angka.

Espanyol juga mengoleksi 32 angka, di peringkat kedelapan, setelah menang 1-0 di markas Malaga, kemenangan beruntun ketiga mereka di liga.

Di Barcelona, pelatih Luis Enrique melakukan enam perubahan terhadap tim yang menang 2-1 atas Atletico Madrid di leg pertama semifinal Piala Raja pada Rabu, mengistirahatkan pencetak gol terbanyak Luis Suarez, dan hal itu membuat Athletic mampu mengawali pertandingan bagus.

Upaya Raul Garcia mengenai tiang gawang pada awal pertandingan, setelah Inaki Williams merebut bola dari Vidal, sedangkan tandukan Williams melambung di atas gawang setelah Barca kembali kehilangan kendali tanpa dua gelandang yang cedera Sergio Busquets dan Andres Iniesta.

Bagaimanapun, mereka mampu unggul ketika Neymar bergerak memotong dari kiri dan menaklukkan empat pemain lawan untuk menyodorkan bola kepada Alcacer, yang akhirnya mampu mencetak gol di liga bagi Barca pada penampilan ke-11nya.

Athletic terus menimbulkan masalah, namun tim Katalan menggandakan keunggulan mereka sebelum turun minum ketika Messi memasukkan bola dari sisi kanan melewati kiper Athletic Gorka Iraizoz. Gol itu membuatnya mengungguli Ronald Koeman sebagai spesialis bola mati klub dengan 27 gol dari tendangan bebas di semua kompetisi.

Pada awal babak kedua, gelandang Barca Rafinha harus meninggalkan lapangan karena pendarahan di kepala setelah bertubrukan dengan kipernya Marc-Andre ter Stegen, sedangkan Pique ditarik keluar lapangan karena dugaan cedera otot paha belakang.

Messi digantikan pada menit ke-64, namun maestro asal Argentina itu tersenyum lebar ketika ia menyaksikan Vidal melaju ke gawang lawan pada skema serangan balik, melewati seorang pemain bertahan sebelum melesakkan bola ke sudut jauh untuk menjadi gol ketiga.

"Athletic selalu menjadi lawan yang sulit dan meski berkali-kali kami tidak tepat, ini merupakan hari yang sangat positif bagi kami," kata Luis Enrique kepada para pewarta.

"Jika kami ingin memenangi ketiga kompetisi musim ini, kami harus menggunakan segenap skuad dan para hari ini para pemain yang jarang bermain memperlihatkan nilai mereka."
(H-RF)