Ogan Komering Ilir kembangkan wisata Danau Teloko

id iskandar, bupati ogan komering ilir, danau, danau teloko

Ogan Komering Ilir kembangkan wisata Danau Teloko

Berwisata di Danau Teloko, OKI. (Antarasumsel.com/17/Humas OKI)

Kayuagung  (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir fokus mengembangkan destinasi wisata Danau Teloko pada tahun ini untuk menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata, mengingat di kabupaten ini telah berdiri sebuah pabrik bubur kertas terbesar di Asia.    

Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar seusai mengunjungi Danau Teloko, Minggu, mengatakan dalam waktu dekat lokasi dekat Danau Teloko akan dikembangkan juga menjadi destinasi wisata desa sehingga akan mendongrak kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

"Desa wisata itu konsep pengembangannya  adalah kepariwisataan berbasis masyarakat. Wisata alam, wisata agro, seni dan budaya dan destinasi penggeraknya yakni adanya Danau Teloko," kata dia.

Pengembangan desa wisata menurut Iskandar, dapat terealisasi karena sektor pariwisata saat ini tengah dikebut pertumbuhannya oleh pemerintah pusat bahkan diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Hanya saja, jika hanya mengharapkan dana dari pemerintah maka sulit untuk berkembang dengan cepat sehingga dibutuhkan peran swasta.    

Kabupaten OKI sendiri memiliki banyak potensi dibidang wisata air di antaranya Pantai Maspari dan Tanjung Menjangan serta kawasan Kota lama di pinggiran Sungai Komering. Hanya saja, masih butuh sentuhan bisnis untuk dijadikan wisata unggulan.

Begitu juga dengan destinasi Danau Teloko yang terletak di Desa Teloko, Kecamatan Kota Kayuagung.

Untuk menuju danau ini hanya membutuhkan waktu setengah jam dari pusat Kota Kayuagung menggunakan perahu bermuatan 3 sampai dengan 5 orang.

Menurut Iskandar, berperahu mengarungi kawasan lebak menuju danau akan menjadi pengalaman unik. Apalagi pengunjung dapat menyaksikan Danau Teloko yang memiliki luas  500 hektare. Uniknya, ditengah-tengah danau terdapat pulau terapung yang ditumbuhi pepohonan perdu.

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan menjelaskan potensi danau ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat selain sumber daya  perikanannya, air danau yang tidak pernah mengering di manfaatkan jadi sumber air bersih oleh PDAM Tirta Agung.

"Sejauh ini Danau Teloko sangat bermanfaat untuk masyarakat. Potensi ini akan kita kembangkan lagi agar menjadi potensi wisata baru di Kecamatan Kota Kayuagung," Ungkap Dedy.