Layanan dokter hadir di 70 puskesmas pembantu

id dokter, puskesmas pembantu, pelayanan kesehatan, Harnojoyo, keluhan masyarakat

Layanan dokter hadir di 70 puskesmas pembantu

Wali Kota Palembang Harnojoyo.(Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang (Antarasumsel.com) - Layanan dokter saat ini dapat dijumpai di 70 puskesmas pembantu Kota Palembang, sehingga bisa memperluas akses masyarakat pada pelayanan kesehatan.

Wali Kota Harnojoyo seusai meresmikan Puskesmas Sako dan Puskesmas Multiwahana Palembang, Senin, mengatakan, dengan hadirnya dokter di puskesmas pembantu maka apa yang selama ini menjadi keluhan masyarakat sudah mulai teratasi.

"Selama ini dokter hanya ada di puskesmas utama yang jumlahnya hanya 41 unit di Palembang. Sementara di puskesmas pembantu tidak dijumpai dokter. Kini, bukan masalah lagi mendatangi puskesmas pembantu karena sudah ada dokternya," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, bukan hanya melayani kesehatan, puskesmas pembantu juga diharapkan membina masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Hal ini sejalan dengan program gotong royong yang sudah diterapkan pemerintah kota sejak satu tahun terakhir ini.

"Lingkungan yang bersih tentu akan menjauhkan masyarakat dari penyakit," kata dia.

Plt Kadinkes Kota Palembang Letizia mengatakan, saat ini beberapa puskesmas di Palembang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Selain itu, dari sisi tenaga medis telah terdapat dokter spesialis di beberapa Puskesmas atau berstandar setara Rumah Sakit (RS).

"Dengan sistem pengelolaan keuangan mandiri ini membuat pusat pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih profesional," kata dia.