Kapten Bayern Lahm pensiun akhir musim

id Philipp Lahm, kapten Jerman, Pemain Bayern Munich, pensiun, akhir musim, juara Jerman

Kapten Bayern Lahm pensiun akhir musim

Philipp Lahm (Antarasumsel.com/Reuters)

Berlin (Antara/Reuters) - Pemain Bayern Munich Philipp Lahm, yang merupakan kapten Jerman saat mereka menjuarai Piala Dunia 2014, akan pensiun pada akhir musim, setahun sebelum kontraknya dengan sang juara Jerman habis, kata bek 33 tahun itu pada Selasa.

Produk akademi Lahm, yang telah memainkan 501 pertandingan untuk Bayern sejak debut seniornya pada 2002, mengatakan meski ia dapat terus bermain di level teratas sampai akhir musim, ia tidak akan mampu mempertahankannya.

"Saya akan mengakhiri karir saya di akhir musim," kata Lahm kepada para pewarta setelah kemenangan Bayern atas Vfl Wolfsburg di 16 besar Piala Jerman. "Saya telah menginformasikan keputusan saya kepada para ofisial klub."
"Saya dapat meneruskan dengan gaya kepemimpinan saya, memberikan upaya terbaik setiap hari, pada setiap latihan, sampai akhir musim. Saya dapat mempertahankannya pada musim ini namun tidak setelahnya," tuturnya.

Lahm merupakan salah satu pemain tersukses Jerman sepanjang masa, setelah memenangi nyaris semua trofi bersama klub dan negaranya, termasuk tujuh gelar Liga Jerman, Liga Champions, dan Piala Dunia.

Bek bertubuh mungil ini merupakan salah satu "fullback" terbaik di dunia untuk bagian yang lebih baik dalam satu dekade, untuk kemudian digeser lebih ke tengah pada beberapa musim terakhir.

Lahm, yang pensiun dari timnas setelah kesuksesan Jerman di Piala Dunia di Brazil, merupakan hasil didikan akademi Bayern sebelum sempat dipinjamkan selama dua musim ke VfB Stuttgart pada musim 2003 sampai 2005.

Ia masih berpeluang menambahi gelar pada koleksi trofinya musim ini, di mana Bayern juga memuncaki Liga Jerman dan akan berhadapan dengan Arsenal di 16 besar Liga Champions.   (H-RF)