Pemprov Sumsel akan bertemu investor sirkuit motogp

id pemda, pemprov sumsel

Pemprov Sumsel akan bertemu investor sirkuit motogp

Ahmad Najib (Antarasumsel.com/17/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan bertemu dengan investor pembangunan sirkuit untuk balap motor Grand Prix (MotoGP) pada akhir Februari 2017 ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sumsel Akhmad Najib, di Palembang, Rabu, membenarkan pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan investor pembangunan MotoGP itu.

Pertemuan tersebut untuk membahas mengenai rencana pembangunan tempat perlombaan MotoGP di Palembang, Sumsel, ujar dia lagi.

Dia menjelaskan, lokasi pembangunan sirkuit tersebut berada di Jakabaring, Palembang yang sudah ditinjau konsultan pembangunan, dengan beberapa titik perlu dibenahi.

Menurutnya, pada lokasi rencana pembangunan sirkuit itu, antara lain terdapat saluran udara tegangan ekstra tinggi, sehingga harus dicarikan jalan keluarnya.

Selain itu, lahan yang ada beberapa titik merupakan rawa, sehingga harus dicarikan penyelesaian bersama, ujar dia pula.

Pihaknya berupaya agar rencana pembangunan sirkuit tersebut dapat dilaksanakan di Palembang.

Karena itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dan secara rutin melaksanakan rapat agar sirkuit itu segera dibangun.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebelumnya mengatakan, di daerahnya akan dibangun sirkuit MotoGP di kawasan Jakabaring, Palembang.

Pembangunan sirkuit tersebut menggunakan dana pihak ketiga, kata Gubernur Alex Noerdin pula.

Pemprov Sumsel akan menyiapkan lahan sekitar 120 hektare di Jakabaring, Palembang untuk pembangunan sirkuit MotoGP yang rencananya akan mulai dikerjakan pada 2017 ini.

Lahan yang berada di kawasan Jakabaring tersebut, milik Pemprov Sumsel.

Sedangkan pembangunannya akan dilaksanakan pihak ketiga, dan Pemprov Sumsel hanya menyiapkan lahan.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga telah diundang Dorna ke Sepang, Malaysia saat pelaksanaan MotoGP beberapa waktu lalu. Kehadiran Gubernur Sumsel di sirkuit Malaysia itu, untuk membahas pembangunan MotoGP tersebut.

Alex Noerdin, dalam berbagai kesempatan mengatakan, lokasi pembangunan sirkuit MotoGP itu, akan dibangun di sekitar atau di atas danau tempat kejuaraan ski air SEA Games lalu. Sirkuit itu memiliki panjang lebih dari 4,3 kilometer.