Legislator nilai Perda Ketertiban Umum sangat penting

id rusdi taher, dprd sumsel rusdi taher

Legislator nilai Perda Ketertiban Umum sangat penting

Anggota DPRD Sumsel (Antarasumsel.com/Susilawati)

Palembang (Antarasumsel.com) - Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan Rusdi Tahar menyatakan kalau peraturan daerah tentang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sangat penting di daerah tersebut.

Rusdi Tahar menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai rancangan peraturan daerah tentang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat yang sekarang sedang dibahas panitia khusus di Palembang, Rabu.

Menurut dia, terkait dengan pembahasan raperda tersebut panitia khusus I DPRD Sumatera Selatan juga mencari masukan ke daerah lain.

Dengan adanya perda itu nantinya diharapkan untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, katanya.

Ia mengatakan, selama ini ketika ada perda-perda di Sumsel sulit bagi pemerintah provinsi untuk menekan perda itu bila terjadi pelanggaran.

Dengan adanya perda itu untuk mendukung peran satuan polisi pamong praja dalam melaksanakan tugasnya di bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyatakan dalam rangka mengantisipasi perkembangan dan dinamika kegiatan masyarakat seirama dengan tuntutan era globalisasi dan otonomi daerah, maka kondisi ketentraman dan ketertiban umum daerah yang kondusif merupakan suatu kebutuhan mendasar bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan mutu kehidupannya.

Raperda ini diajukan sebagai payung hukum bagi satuan polisi pamong praja Sumsel dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sehingga terciptanya rasa aman dan tentram dalam kehidupan masyarakat di provinsi ini sebagai modal dasar pembangunan daerah, katanya.