Bidan Desa Jadi Harapan warga Dusun Saluran

id bidan, bidan desa
Bidan Desa Jadi Harapan warga Dusun Saluran
Bidan desa jadi harapan warga Dusun Saluran (Antarasumsel.com/Banu/17)
Banyuasin (Antarasumsel.com) - Kesehatan masyarakat di wilayah perairan sangat tergantung pada rutinitas kunjungan para Bidan Desa yang menjadi harapan, seperti di wilayah Dusun Saluran Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

"Kunjungan tim Bidan Desa setiap tanggal 25 perbulan di Dusun Saluran telah dinantikan oleh puluhan anak-anak balita, para lanjut usia dan masyarakat Dusun Saluran," kata Romalisa, Bidan Puskesmas Kenten yang rutin mengunjungi lokasi warga Dusun Saluran, Rabu.

Menurut dia, dengan menaiki perahu bermesin atau lazim disebut perahu "ketek" selama 1,5 jam dari lokasi Desa Kenten yang disewa Rp400 ribu untuk transoprtasi ke wilayah Dusun Saluran, tugas tenaga kesehatan ini dinantikan  puluhan warga dan anak-anak.

Pemeriksaan kesehatan balita, pemberian makanan tambahan adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulanya. Tak hanya itu banyak juga anak-anak yang terserang ispa menanti pengobatan ini, katanya.

Seperti yang dialami Nenek Romiyah (60) warga Dusun Saluran yang terkena stroke, untuk pengobatan selama 11 tahun, tidak pernah berobat ke dokter di Banyuasin, hanya menunggu jika ada dokter atau bidan ke dusun tempat tinggalnya baru bisa berobat.

Mahalnya ongkos transportasi melalui jalur  sungai untuk pulang-pergi berobat ke Puskesmas Kenten  membuatnya tak bisa berobat ke dokter, karena suaminya hanya petani dan buruh cangkul jika  kondisi sakit dan darurat tak bisa berobat, kata Romiyah.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga