IHSG Jumat dibuka menguat 6,83 poin

id ihsg, Indeks harga saham gabungan, Bursa Efek Indonesia, IHSG BEI, pertumbuhan produk domestik bruto, faktor pendorong IHSG, menguatnya IHSG

IHSG Jumat dibuka menguat 6,83 poin

Ilustrasi - Pialang memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Ag/ama)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, dibuka menguat sebesar 6,83 poin seiring dengan pergerakan bursa saham di kawasan Asia.

IHSG BEI dibuka naik 6,83 poin atau 0,13 persen menjadi 5.378,91 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 1,17 poin (0,19 persen) menjadi 896,16 poin.

"Membaiknya bursa saham di kawasan serta sentimen dari dalam negeri yang positif kembali membuka peluang bagi IHSG melanjutkan penguatan," kata Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Jumat.

Nico Omer mengatakan bahwa langkah lembaga pemeringkat Moody's yang memperbaiki outlook utang Indonesia dari stabil menjadi positif serta mengafirmasi peringkat layak investasi masih menjadi salah satu sentimen positif di dalam negeri.

"Perbaikan outlook Moody's itu merupakan kelanjutan pengakuan oleh lembaga internasional atas keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Nico Omer.

Sementara itu,analis NH Korindo Securities Indonesia, Bima Setiaji menambahkan bahwa perbaikan peringkat itu memberikan dampak positif pada psikologis investor sehingga dapat lebih mendorong investor asing untuk menempatkan dananya di dalam negeri, seperti di pasar saham.

"Kepercayaan investor akan meningkat terhadap Indonesia sehingga tidak hanya berdampak positif pada pasar modal, tetapi juga ke sektor riil," kata Bima Setiaji.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 120,06 poin (0,51 persen) ke level 23.645,20, indeks Nikkei naik 432,77 poin (2,29 persen) ke level 19.340,44, dan Straits Times menguat 20,31 poin (0,66 persen) posisi 3.100,85.