Rupiah Jumat pagi bergerak menguat ke RP13.304

id Rupiah, Nilai tukar, itransaksikan antarbank, di posisi, Kepala Riset Monex Investindo Futures, Biro Investigasi Federal,

Rupiah Jumat pagi bergerak menguat ke RP13.304

Uang Rupiah Baru Lembaran mata uang Rupiah edisi baru . (ANTARA/Adwit B Pramono/Ag)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi bergerak menguat sebesar 27 poin menjadi Rp13.304, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.331 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa mata uang rupiah mengalami apresiasi tehadap dolar AS seiring dengan respon positif pelaku pasar terhadap kondisi ekonomi domestik.

"Kombinasi perbaikan outlook utang Indonesia oleh Moody's serta fluktuasi dolar AS yang cenderung melemah di pasar global menjaga pergerakan mata uang rupiah," kata Rangga Cipta.

Kendati demikian, lanjut dia, potensi pembalikan arah rupiah cukup terbuka menyusul ketidakpastian politik menjelang pemilihan kepala daerah termasuk di DKI Jakarta.

"Kondisi yang kurang kondusif dapat mempengaruhi fluktuasi rupiah," katanya.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa jumlah klaim pengangguran di Amerika Serikat yang menurun serta janji Presiden AS Donald Trump yang akan memangkas pajak juga dapat mengembalikan penguatan dolar AS.

Sementara itu,analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa lembaga pemeringkat Moodys yang menaikan outlook utang Indonesia menyiratkan membaiknya daya tahan ekonomi Indonesia.

"Sentimen positif itu tentu berimbas baik pada rupiah dimana pelaku pasar menilai perekonomian Indonesia kian membaik dan bukan tidak mungkin dapat bertahan di tengah guncangan ekonomi global," kata Reza Priyambada.