Pemkot Palembang hidupkan kembali Pasar Terapung

id pasar, pasar terapung

Pemkot Palembang hidupkan kembali Pasar Terapung

Pemkot hidupkan kembali pasar terapung Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang, (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, menghidupkan kembali pasar terapung di bantaran Sungai Sekanak yang diramaikan oleh sejumlah pedagang penyedia berbagai kebutuhan masyarakat setempat.

"Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kota Palembang akan membentuk tim terpadu untuk menormalisasi sungai agar aliran air Sungai Musi dapat masuk saat air surut yang diharapkan nantinya menajdi destinasi wisata sungai di kota tersebut," kata Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan hal tersebut salah satu upaya mengembangkan potensi wisata sungai di Kota Palembang.

Sebanyak 10 perahu pedagang bersandar di bantaran Sungai Sekanak menjual aneka jajanan sebagai langkah awal menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat yang dulunya dikenal pusat pasar terapung di Kota Palembang itu.

Dalam menunjang hal tersebut, Pemerintah Kota Palembang akan melakukan normalisasi sungai sampai aliran sungai di kawasan Arsita Hotel melalui tim terpadu guna memastikan aliran sungai tetap berjalan meskipun sedang dalam kondisi surut.

Wali Kota Harnojoyo menilai keberadaan kembali pasar terapung disambut baik oleh warga kota, karena dapat menjadi daya tarik tersendiri, di samping mengenalkan ke generasi muda akan keberadaan pasar terapung tersebut.

Seorang warga setempat, Musdahlifah, mengatakan dengan adanya pasar terapung itu, diharapkan dapat kembali menghidupkan fasilitas umum tersebut, sebagai ciri khas di perairan Sungai Musi sejak dahulu.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendongkrak sektor pariwisata di Kota Palembang.