Sabtu, 25 Maret 2017

Pemprov Sumsel dorong pengembangan budidaya ikan

id gubernur, ikan, budidaya ikan, kembangkan sektor perikanan, budidaya
Pemprov Sumsel dorong pengembangan budidaya ikan
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)
...Untuk mendorong pengembangan sektor budidaya perikanan tersebut, diminta Dinas Kelautan dan Perikanan meningkatkan kegiatan pembinaan serta membantu penyediaan benih...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota melakukan pengembangan sektor budidaya perikanan untuk meningkatkan produksi ikan dan mewujudkan kemandirian pangan.

Untuk mendorong pengembangan sektor budidaya perikanan tersebut, diminta Dinas Kelautan dan Perikanan setempat meningkatkan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang menekuni usaha budidaya ikan serta membantu penyediaan benih secara gratis, kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, produksi ikan di provinsi ini cukup besar, bahkan untuk jenis tertentu seperti ikan patin jumlah produksinya tercatat tertinggi secara nasional.

Jumlah produksi ikan patin hasil budidaya petambak di sejumlah daerah dalam wilayah provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu cukup tinggi yakni mencapai 150 ribu ton per tahun.

Melalui pengembangan sektor budidaya perikanan, diharapkan produksi ikan provinsi ini yang tergolong cukup besar terus meningkat dengan jenis yang lebih beragam, katanya.

Dia menjelaskan, pengembangan sektor budidaya perikanan di provinsi ini sangat memungkinkan karena didukung sumber daya alam yang cukup besar.

Provinsi ini memiliki luas perairan terbesar kedua di Indonesia setelah Kalimantan, pemanfaatan potensi tersebut perlu terus ditingkatkan sehingga produksi ikan bisa lebih banyak lagi dengan jenis yang beragam.

Keberhasilan mencapai produksi ikan patin tertinggi secara nasional yang diraih sekarang ini diharapkan dapat dipertahankan dan berkembang dengan produksi ikan jenis lainnya seperti ikan lele, dan gurame yang kini juga banyak dibudidayakan masyarakat, kata gubernur.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga