Ondel-ondel Taiwan meriahkan Cap Go Meh

id Ondel-ondel, cap go meh, Sinying, Pesta Rakyat Bogor, Street Festival Cap Go Meh, Vihara Dhanagu

Ondel-ondel Taiwan meriahkan Cap Go Meh

Ondel-ondel Taiwan yang bernama Xinying (Ist)

Bogor (Antarasumsel.com) - Ondel-ondel Taiwan yang bernama Sinying dari Kota Tainan, kembali hadir memeriahkan Pesta Rakyat Bogor "Street Festival Cap Go Meh 2017" yang digelar oleh Vihara Dhanagun, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Ondel-ondel Taiwan ini bernama Tambun, mereka akan tampil ikut parade bersama 25 sanggar dan budaya lainnya," kata Ketua Panitia Pesta Rakyat Bogor Street Festival Cap Go Meh, Arifin Himawan.

Arifin menyebutkan ondel-ondel Taiwan sudah tiga kali ikut mengisi Pesta Rakyat Bogor Street Festival Cap Go Meh. Ondel-ondel datang dari Taiwan untuk memperkenalkan kebudayaannya kepada masyarakat Indonesia.
Selain ondel-ondel dari Taiwan, akan ada parade budaya yang diisi oleh 26 sanggar dari Bogor maupun luar Jabodetabek, seperti Cirebon, Bandung dan Bekasi.
Akan ada atraksi dari 25 komunitas Liong dan Barongsai, 26 tandu atau Joli rupang, dan budaya lainnya.
Pesta Rakyat Bogor Street Festival 2017 merupakan agenda tahunan yang ke-15 kalinya digelar terbuka bagi masyarakat. Acara resmi akan dimulai pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai.
Pawai Budaya ini menjadi sala satu agenda wisata di Kota Bogor yang mendatangkan pengunjung dari berbagai wilayah.

Berbeda dengan tahun untuk menjaga toleransi antara umat beragama, pada saat azan magrib, kegiatan akan berhenti sejenak selama beberapa menit, sampai waktu shalat berakhir.

"Kami menyebutnya gerakan membeku, diam tidak bergerak selama beberapa menit saat azan magrib berkumandang," kata Arifin.

Arifin mengkonfirmasi terkait rencana kedatangan Presiden Joko Widodo yang saat ini sedang berada di Istana Bogor.
"Sampai saat ini kami belum menerima konfirmasi kehadiran Pak Presiden, karena beliau sudah mengutus menteri agama untuk mewakilkan," kata Arifin.
Sementara itu, menjelang dimulainya Pesta Rakyat Bogor Street Festival Cap Go Meh 2017 masyarakat telah memadati Vihara Dhanagun, berbagai kegiatan telah dimulai, seperti penerimaan tamu, dan upacara menaikkan rumpang ke atas joli.

Berbagai komunitas juga mulai menampilkan atraksi, termasuk Ondel-ondel dari Taiwan, serta pertunjukkan barongsai.