Disdukcapil jemput bola urus dokumen kependudukan

id ktp, dokumen kependudukan

Disdukcapil jemput bola urus dokumen kependudukan

Disdukcapil jumput bola bantu pengurusan dokumen kependudukan warga (Antarasumsel.com/Banu/17)

Banyuasin, (Antarasumsel.com) - Dinas Catatan Sipil Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan melakukan jumput bola membantu mengurus kelengpakan dokumen kependudukan warga setempat.

Program jemput bola yang dilakukan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuasin di beberapa kelurahan dan desa di Kecamatan Talang Kelapa untuk membantu masyarakat memiliki dokumen seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan juga Kartu Keluarga, Kata Lurah Kenten, Zainuddin, Senin.

"Untuk program pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E KTP) di kelurahan seperti perekaman dan pendatan sudah selesai dilakukan, begitu juga untuk program pembuatan akte dan kartu keluarga (KK) sudah selesai," katanya.

Namun ada juga warga belum sempat mengikuti program yang digelar Disdukcapil setempat, dan kesempatan jumput bola ini bisa dimanfaatkan masyarakat.

Begitu juga dengan Kelurahan Talang Keramat pelaksanaan program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, hanya saja sayangnya hanya dilaksanakan satu hari saja, dari jam 8.00 Wib hingga 16.00 Wib di Kantor Kelurahan Talang Keramat dan Kelurahan Kenten.

Ia berharap, semua warga memiliki akta dan dokumen kependudukan yang lengkap apalagi program ini gratis.

"Warga lebih terbantu dengan program jumput bola ini, terutama warga sudah berusia lanjut banyak dari mereka tidak bisa mengisi formulir, karena hurupnya kecil-kecil," kata Jimmy Josvaldo (19) mahasiswa praktek Kuliah Kerja Nyata yang membantu menginput data di Kelurahan Kenten menambahkan.

Begitu juga dengan Susilawati, warga Perumahan Azhar Kelurahan Kenten mengatakan baru mengetahui ada program jumput bola ini tadi pagi.

Menurut dia, untuk mengurus surat kependudukan di Kecamatan Talang Kelapa atau ke Kantor Disdukcapil Pangkalan Balai sangat jauh, warga terbantu dengan adanya program jumput bola ini.