Sumsel siap cegah kebakaran hutan dan lahan

id Kunto Arief Wibowo, kebakakaran hutan, lahan, instansi, satuan tugas, anggota TNI, pencegahan, Danrem 044/Garuda Dempo, Surat Keputusan, Gubernur Sums

Sumsel siap cegah kebakaran hutan dan lahan

Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui udara (water bombing) ( Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Sumatera Selatan siap mencegah kebakakaran hutan dan lahan dengan menurunkan satuan tugas dari berbagai instansi terkait.

Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo saat memimpin rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Palembang, Senin mengatakan, dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan tersebut akan dibentuk satuan tugas.

Satuan tugas yang terdiri dari berbagai instansi termasuk anggota TNI itu sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Gubernur Sumsel Alex Noerdin lalu.

Dia mengatakan, satuan tugas tersebut akan selalu siaga dalam mengantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran hutan di daerah tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan tersebut untuk mengantisipasi supaya Sumsel tidak terjadi kabut asap.

Selain itu juga untuk menyukseskan Asian Games 2018, ujar dia.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, Satgas penanggulan kebakaran hutan dan lahan itu akan dilepas Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Dalam acara tersebut juga antara lain akan dihadiri Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Jadi dengan dilepasnya satuan tugas tersebut sehingga Sumsel benar - benar siap mencegah kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Yang jelas antisipasi itu penting supaya Sumsel tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan seperti pada 2015, tambah dia.