Gubernur berharap partisipasi Pilkada capai 60 persen

id Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, partisipasi pemilih, pemilihan kepala daerah, Musi Banyuasin, Alumnus Institut Pertanian Bogor, Dinas Pertani

Gubernur berharap partisipasi Pilkada capai 60 persen

Gubernur Sumsel Alex buka festival buah dan bunga unggulan daerah di Palembang (Antarasumsel.com/Ujang/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berharap tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Musi Banyuasin pada 15 Februari nanti mencapai 60 persen.

"Tingkat partisipasi pemilih Pilkada Musi Banyuasin itu harus mencapai 60 persen bahkan lebih," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat ditanya mengenai partisipasi pemilih pilkada Musi Banyuasin di Palembang, Senin.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat Musi Banyuasin untuk menggunakan hak konstitusional lima tahun sekali memilih pemimpin daerahnya.

"Kalau tidak digunakan sayang dan sebagai warga yang bertanggung jawab gunakanlah hak pilih tersebut untuk memilih siapa itu terserah," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat Musi Banyuasin jangan berpikir ada calon yang pasti menang, sehingga akhirnya mereka tidak mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Jadi, gunakanlah hak konstitusional lima tahun sekali itu," ujar pejabat nomor satu di lingkungan pemerintah provinsi Sumsel tersebut.

Ia menyampaikan, kemungkinan yang akan meninjau langsung pelaksanaan pilkada Musi Banyuasin pada 15 Februari nanti Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki.

Pilkada Musi Banyuasin ini hanya diikuti dua pasangan calon bupati-wakil bupati yaitu Dodi Reza Alex-Beni Hernedi yang dicalonkan dari partai politik, sementara Amiri Aripin-Ahmad Toha dari calon independen.

Pada tahun 2017 di Sumatera Selatan hanya ada satu daerah yang melaksanakan pilkada serentak, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin. Selanjutnya tahun 2018 ada sembilan kabupaten/kota dan pilkada gubernur.