Kawasan industri Gandus terhubung dengan Jalan Tol

id Harnojoyo, gandus, jalan tol, industri, akses Jalan Tol, Kayuagung, Palembang, Betung, kawasan industri, proyek kota baru, industri Keramasan

Kawasan industri Gandus terhubung dengan Jalan Tol

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang merencanakan Kawasan industri Gandus dapat terhubung dengan akses Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung.

Walikota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan, kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat mendongkrak keberadaan kawasan industri Gandus seluas 300 hektare yang sejak dua tahun lalu telah ditawarkan ke investor.

"Saat ini pemkot sedang berupaya bagaimana caranya agar exit Tol dapat menuju ke kawasan industri Gandus," kata Harnojoyo seusai rapat dengan perwakilan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) dan investor PT Fauzi Panca Manunggal terkait akses jalan kawasan industri.

Ia mengatakan pemkot telah memproyeksikan dua kawasan industri yang akan dikembangkan pada masa datang yakni kawasan industri Gandus yang menjadi proyek kota baru (newtown) dan kawasan industri Keramasan.

"Namun, fokus terdekat yakni kawasan industri di Gandus. Pemkot saat ini berupaya menyediakan akses jalan, selain lahan. Nantinya di kawasan ini direncanakan akan ada pabrik, gudang, perkantoran, perumahan karyawan, dan lainnya," kata dia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapemlitbang) Kota Palembang Syafri Nungcik mengatakan pengembangan kawasan Gandus yang menjadi kawasan kota baru berdasarkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RT/RW) Kota Palembang.

Keinginan Palembang mendirikan kawasan industri ini telah didukung Kementerian Perindustrian karena di kota ini belum ada kawasan industri hilirisasi dan perakitan.

Untuk itu, pemkot merencanakan pembangunan kawasan industri yang mandiri yakni memiliki pembangkit listrik, jaringan pembuangan air limbah dan sampah, dan pemukiman untuk mendukung kebutuhan tenaga kerja.

Terkait infrastruktur pendukung tersebut, saat ini pemkot sudah membangun instalasi pengolahan air (ipa) di Gandus untuk mendukung berdirinya kawasan industri ini, dan jalan.

Pendirian kawasan industri ini diharapkan dapat mengimbangi pertumbuhan ekonomi Kota Palembang yang bergerak pesat sejak menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

Menurut Safri, pada tahun mendatang bakal ada peningkatan investasi seiring dengan peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Berdasarkan data Penanaman Modal Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Palembang diketahui realisasi investasi Kota Palembang mencapai Rp4,1 triliun per November 2016 atau melampaui target secara tahunan sebesar 200 persen.