Minggu, 28 Mei 2017

Padang Panjang periksa kesehatan lansia tiap bulan

id pemeriksaan, dokter, kesehatan, lanjut usia, memeriksa kesehatan, Dinas Kesehatan
Padang Panjang periksa kesehatan lansia tiap bulan
Ilustrasi- Petugas menyuntik pada pasien lanjut usia. (Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)
....Manusia yang sudah memasuki usia, katanya, mengidap salah satu penyakit baik itu menular maupun tidak, untuk tingkat penyembuhan sedikit mengalami kendala....
Padang Panjang (Antarasumsel.com) - Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, terus memberikan perhatian terhadap masyarakat yang sudah lanjut usia dengan memeriksa kesehatannya setiap bulan.

"Pemeriksaan kesehatan itu merupakan bentuk perhatian pemeritah terhadap warga yang sudah memasuki usia lanjut," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Padang Panjang Yevi Maslinda di Padang Panjang, Selasa.

Ia mengatakan pada usia senja, manusia rentan dengan berbagai jenis penyakit, sehingga dibutuhkan perhatian yang intens supaya bisa menjalankan hidup dengan baik.

Manusia yang sudah memasuki usia, katanya, mengidap salah satu penyakit baik itu menular maupun tidak, untuk tingkat penyembuhan sedikit mengalami kendala.

Untuk menjaga kesehatan tersebut, Pemkot Padang Panjang selalu memberikan pembinaan dan pengobatan terhadap manusia yang sudah lanjut usia tersebut dengan sejumlah program.

"Lansia bisa mengonsultasikan ke posyandu yang sudah ada di setipa kelurahan," ujarnya.

Pemkot Padang Panjang juga mengadakan senam bagi lansia setiap bulan dan sekaligus memberikan makanan tambahan, antara lain kacang padi dan lontong.

Selain pemeriksaan kesehatan di posyandu lansia, kata dia, mereka bisa mengonsultasikan kesehatan di Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular di setiap kelurahan yang totalnya di daerah setempat 27 unit.

Salah seorang lansia di Padang Panjang, Gusnidar, mengaku terbantu adanya program pemerintah tersebut dalam memperhatikan kesehatan manusia.

"Program ini kalau bisa dilanjutkan terus sehingga masyarakat yang sudah usia lanjut memiliki sisa hidup yang lebih bermakna," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga