Minggu, 20 Agustus 2017

Studi: Standard hidup di negara berkembang tertinggal pertumbuhan ekonomi

id kehidupan, standar hidup, pertumbuhan ekonomi, studi Austria, penelitian, IIASA, listrik, kebersihan, air, akses fasilitas
Studi: Standard hidup di negara berkembang tertinggal pertumbuhan ekonomi
Ilustrasi - Penduduk Miskin (ANTARA)
....Apa yang kami temukan ialah pertumbuhan penghasilan saja tidak cukup untuk mewujudkan semua keperluasan dasar ini buat orang di dalam masyarakat,....
Wina (Antara/Xinhua-OANA) - Meskipun ada kecenderungan ke arah pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan selanjutnya peningkatan penghasilan rata-rata, warga yang paling miskin seringkali tak merasakan manfaat dari itu, kata satu studi Austria.

Studi tersebut, yang dilakukan oleh satu tim dari International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA) yang berpusat di Laxenburg di dekat Wina, Austria mendapati bahwa akses ke fasilitas seperti listrik, kebersihan, air dan anergi masak yang bersih masih di luar jangkauan buat banyak orang.

"Apa yang kami temukan ialah pertumbuhan penghasilan saja tidak cukup untuk mewujudkan semua keperluasan dasar ini buat orang di dalam masyarakat," kata pemimpin studi tersebut Narashima Rao di dalam satu pernyataan.

Selain itu, akses ke energi masak yang bersih dan kebersihan seringkali ketinggalan dari akses ke listrik dan air, dan kondisi tersebut memiliki dampak khusus pada perempuan, yang seringkali bertanggung-jawab untuk memasak dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Penulis studi itu menyatakan beberapa negara berkembang di dunia, seperti di Sub-Sahara Afrika, akan memerlukan angka perkembangan yang tak pernah ada sebelumnya guna mencapai Sasaran Pembanguan Berkelanjutan PBB (SDGs) yang ditetapkan mencapai akses universal ke air bersih, energi, dan kebersihan paling lambat pada 2030.

Mereka juga menyampaikan perlunya bagi arah kebijakan, seperti sinergi sasaran antara sasaran pembangunan, dan cara menggabungkan upaya di segala sektor untuk membangun prasarana. (Uu.C003)

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga