Benoa terima 72 permintaan sandar Kapal Pesiar

id kapal pesiar, benoa, pelabuhan benoa, wisatawan mancanegara, Ardhy Wahyu Basuki

Benoa terima 72 permintaan sandar Kapal Pesiar

Ilustrasi- Kapal Pesiar (ANTARA)

Denpasar (Antarasumsel.com) - Pelabuhan Benoa di Denpasar, Bali, menerima 72 permintaan sandar kapal pesiar dari sejumlah negara pada 2017 yang membawa ribuan wisatawan mancanegara.

"Tahun ini ada jadwal 72 'call' kapal pesiar dari berbagai negara," kata General Manajer Pelabuhan Benoa Denpasar Ardhy Wahyu Basuki di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, kapal pesiar berukuran sedang hingga besar tersebut membawa lebih dari 1.500 wisatawan mancanegara.

Ardhy menuturkan Bali menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan mancanegara yang memanfaatkan kapal pesiar untuk singgah di Pulau Dewata.

Wisatawan yang berkunjung menggunakan kapal pesiar, lanjut dia, merupakan wisatawan kelas premium dengan tingkat pengeluaran belanja dan lama tinggal tergolong tinggi.

Dalam diskusi fokus terkait kapal pesiar beberapa waktu lalu disebutkan juga bahwa selama tahun 2016 sebanyak 52 kapal pesiar sandar di Benoa.

Ardhy lebih lanjut menjelaskan untuk menampung lebih banyak penumpang, pihaknya tahun 2017 berencana melakukan pengembangan gedung terminal khusus internasional.

Ia mengharapkan pengembangan itu mampu menampung jumlah penumpang lebih dari 1.000 orang khusus untuk terminal internasional sedangkan kapasitas saat ini mencapai sekitar 500 orang.

Ardhy mengatakan, pihaknya menganggarkan sekitar Rp25 miliar untuk pengembangan terminal dengan model bangunan berciri khas Bali. Pelaksanaan pengembangan terminal itu saat ini masih menunggu proses penetapan lelang.