Pemkab bentuk "Laskar Gelatik" perangi nyamuk DBD

id nyamuk, dbd

Pemkab bentuk "Laskar Gelatik" perangi nyamuk DBD

Nyamuk (FOTO ANTARA)

Penukal Abab (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan membentuk Laskar Gelatik guna memerangi nyamuk demam berdarah dengue di daerah-daerah yang rawan terserang penyakit tersebut.

Para pelajar yang berjumlah 345 orang diberdayakan untuk secara sukarela membasmi jentik nyamuk di sekitar rumah mereka masing-masing," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lidwirawan, Jumat.

Menurut dia, peralatan yang disediakan sangat sederhana berupa serok kecil digunakan para siswa untuk mencari jentik nyamuk setiap hari untuk dimusnahkan.

Bahkan air yang tergenang dan berpotensi sebagai sarang nyamuk dibuang agar tidak menjadi media tumbuh jentik nyamuk.

Dikatakannya, ide pembasmian jentik nyamuk ini bermula atas munculnya kasus demam berdarah dengue (DBD) setiap tahun di PALI, meski jumlahnya kecil tetap saja menjadi perhatian pemerintah setempat.

"Untuk merealisasikan ide ini, tentunya tidak mudah, Dinas Kesehatan harus melakukan pemetaan terlebih dahulu, daerah mana yang paling rawan diserang DBD," katanya.

Menurut Lidwirawan, para siswa yang berjumlah 345 orang tersebut tergabung dalam Laskar Gelatik bekerja sama dengan Dinas Pendidikan direkrut dan diberi pencerahan.

Selanjutnya, kata dia, tim Laskar Gelatik setelah melalui perjuangan selama delapan bulan lebih, angka penderita DBD menurun drastis bahkan ada beberapa daerah yang biasanya rutin diserang DBD pada tahun ini tidak ditemukan kasus itu sama sekali.

"Selama empat bulan terakhir, belum kami temukan kasus DBD di daerah yang menjadi pengawasan Laskar Gelatik," katanya.

Sementara, Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony meminta kepada para pelajar yang bergabung dalam Laskar Gelatik untuk terus memberikan sumbangsih dalam pembasmian nyamuk DBD.